Minum air kelapa hijau membuat rambut bayi lebat-mitos

Apa benar kalau ibu hamil meminum air kelapa hijau akan membuat rambut bayi menjadi tebal.


Kepercayaan ini berkembang luas di masyarakat. Pada akhirnya harga kelapa hijau menjadi lebih mahal. Kelapa hijau adalah jenis kelapa muda yang berwarna hijua yang apabila dikupas kulitnya akan terlihat warna keunguan.
kelapa hijau, kelapa

Keyakinan ini juga terjadi pada istri saya. Istri saya sering meminta kelapa hijau saat hamil. Apakah bayi yang dilahirkan berambut tebal? Anak saya rata-rata tidak mempunyai rambut yang tebal dan hitam pada saat lahir. Walaupun istri saya minum kelapa hijau. Menurut pendapat saya tebal atau tidaknya rambut bayi dipengaruhi oleh faktor genetika.
   
Sudahakah ada penelitian secara ilmiah tentang manfaat kelapa hijau bisa menebalkan dan menghitamkan rambut bayi? Jawabnya adalah belum ada. Mari kita perhatikan pernyataan Dr. Wati & S.ps. (http://www.sehatgroup.web.id/review.asp?id=96). Dari jawaban yang diberikan oleh beliau menyatakan belum ada penelitian yang menunjukan hubungan antara rambut hitam bayi dan kelapa hijau.

Mitos yang lain tentang air kelapa hijau dan ibu hamil adalah air kelapa akan memperlancar persalinan. 

Hal ini juga belum ada penelitian yang menunjukan adanya lancarnya persalinan dengan meminum air kelapa. Yang sering ibu bidan katakan ( bidan yang membantu persalinan istri saya) bahwa air kelapa akan membuat air ketuban bersih dan tidak berbau. Walaupun berbau tetapi baunya tidak terlalu menyengat. Berbeda kalau ibu hamil yang suka makan jengkol atau pete, sudah bisa dipastikan air ketuban akan berbau tidak enak. Karena air ketuban adalah kotoran yang dikeluarkan bayi ketika di dalam kandungan ibunya.

Namun apakan air kelapa sama sekali tidak mempunyai manfaat bagi ibu hamil. Pernyataan demikian pun belum ada penelitianya. Yang jelas air kelapa banyak mengandung elektrolit dan antioksidan. Tingginya elektrolit akan membuat badan menjadi segar apa bila anda meminumnya. Tidak hanya untuk ibu hamil, siapa saja kalau meminum air kelapa hijau akan merasakan kesegaranya. Kandungan antioksidan sendiri juga bagus bagi ibu hamil.

Manfaat elektrolit dan antioksidan sudah jelas bagi anda, nah ada pengaruh lain  air kelapa bagi ibu hamil yaitu membuat air ketubannya menjadi bersih dan tidak berbau tajam.

Antioksidan dan elektorlit itu dapat mengurangi lendir dan kotoran dalam air ketuban. Jadi yang benar bukan air kelapa membuat putih namun  air kelapa membuat air ketubannya menjadi bersih dan tidak berbau.  Sedangkan untuk membuat rambut bayinya menjadi lebat dan hitam, belum ada penelitiannya.

Ibu hamil boleh meminum air kelapa hijau namun demikian juga tidak boleh terlalu banyak karena air kelapa hijau mengandung garam tinggi. Asupan garam yang terlalu tinggi bagi ibu hamil juga tidak baik.Begitu masih menurut dr.Wati.

0 Response to "Minum air kelapa hijau membuat rambut bayi lebat-mitos"

Posting Komentar