benarkah lemak kacang tanah bisa meningkatkan kolesterol darah?

Apakah anda khawatir menkonsumsi kacang tanah akan meningkatkan kolesterol ?


Bagi anda yang suka makan kacang tanah mungkin akan khawatire dengan kandungan lemaknya. Ternyata lemak yang ada pada kacang tanah bukanlah lemak yang jahat atau lemak tak jenuh. Namun demikian konsumsi kacang tanah juga harus dibatasi. Satu atau dua ons setiap hari cukup sebagai diet.

Sebagian kita mungkin suka makan kacang tanah kemasan dengan tambahan rasa asin. Kacang tanah rasa inilah sebenarnya yang kurang baik untuk kesehatan anda. Kebanyakan kacang tanah kemasan mempunyai rasa asin. Rasa asin tentunya berasal dari garam. Dengan mengkonsumsi garam yang terlalu tinggi sehingga tidak baik bagi kesehatan anda. Darah tinggi anda mungkin akan meningkat setelah menkonsumsi kacang tanah. Hal ini bias terjadi karena mungkin saja anda mengkonsumsi kacang tanah asin kemasan dalam jumlah yang banyak. Ketika anda makan kacang , anda sedang begadang sambil nonton pertandingan bola. Begadang sendiri sudah tidak baik bagi kesehatan anda ditambah lagi konsumsi kacang asin yang berlebihan. Anda aka merasakan sendiri akibatnya.

Lemak jenuh kacang tanah sekitar 20 % sedangkan lemak tak jenuh kacang tanah adalah 80%. Lemak jenuh bukanlan lemak yang mematikan namun hanya memicu meningkatnya kadal LDL dalam darah. Makan terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh akan menyebabkan penyumbatan arteri yang merupakan pankal penyakit kardiovaskuler. Sedangkan kandungan lemak tak jenuh kacang tanah yang merupakan mayoritas bisa menurunkan kadal LDL dan menurunkan resiko serangan jantung. (— Walter C. Willett, M.D.
Professor of Nutrition,Harvard School of Public Health) ttp://www.health.harvard.edu/newsletters/Harvard_Heart_Letter/2009/July/Ask-the-doctor-Why-is-peanut-butter-healthy-if-it-has-saturated-fat
 
kacang tanah kupas, kacang tanah, peanut

Bagaimana mengkonsumsi kacang tanah agar tetap sehat dan mendapatkan manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa tips untuk memperoleh manfaat kacang tanah.


- Kacang tanah yang anda makan sebaiknya kacang tanah dengan rasa original, misalnay kacang tanah rebus tanpa garam.

- Menkonsumsi kacang tanah kurang lebih satu atau dua ons setiap hari.

- Anda juga bisa menkonsumsi kacang tanah giling sebagai selai.

- Tambahkan kacang tanah pada salad.

Sekarang tidak usah khawatir lagi deh kalau mau makan kacang tanah, tapi ingat kalau makan kacang tanah biasanya tidak mau berhenti tuh. Kacang tanah menjadi camilan sehat anda asal tidak berlebihan.

1 Response to "benarkah lemak kacang tanah bisa meningkatkan kolesterol darah?"

  1. Benar menurut saya sih artikelnya, selain itu bisa pakai minyak ikan, terus jangan lupa hindari makanan penyebab kolesterol

    BalasHapus