nama lain vitamin B dan manfaatnya untuk kesehatan

Vitamin B merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa vitamin ini tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Apakah anda pernah merasa kekurangan vitamin B atau dokter anda mengatakan anda menderita kekurangan vitamin tertentu.


Kebutuhan tubuh akan vitamin tidak bisa ditunda. Bahkan ada beberapa vitamin yang harus tersedia dari asupan makanan kita setiap hari. Meskipun kebutuhan akan vitamin ini kecil namun harus ada dari makanan kita yang bisa menyuplainya. Jikalau tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan. Maka dari itu banyak perusahaan obat-obatan mengambil banyak keuntungan dari kondisi ini. Mereka mampu menyediakan suplemen berupa cairan, kapsul atau pil untuk memenuhi kebutuhan vitamin tersebut tanpa harus mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin tersebut.

Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin B. Ternyata vitamin B ini banyak macamnya. Vitamin B terdiri dari vitamin B1 sampai B12 atau lebih dikenal B kompleks. Masing –masing mempunyai manfaat tersendiri. Sebagian kita mungkin tidak tahu jikalau vitamin B itu mempunyai nama lain.

Berikut adalah nama-nama lain vitamin B yang perlu anda ketahui.


Vitamin B1 disebut Thiamin

Vitamin B2 disebut Riboflavin

Vitamin B3 disebut Niasin

Vitamin B5 disebut Asam Pantotenat

Vitamin B6 disebut Piridoksin

Vitamin B7 disebut Biotin

Vitamin B9 disebut Asam Folat

Vitamin B12 disebut Kobalamin

Vitamin B15 disebut Asam Pangamat

Vitamin B17 disebut Amigdalin

Semua jenis vitamin B diatas adalah sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Berbicara manfaat sudah tentu vitamin B1 sampai B17 sangat bermanfaat untuk kesehatan. Mari kita mulai dari yang pertama yaitu

Vitamin B1(Tiamin)


Apa manfaat dan akibat kekurangan vitamin B1?


Nama lain Vitamin B1 adalah Tiamin. Tiamin sangat bermanfaat untuk menjaga proses metabolism atau pencernaan lemak dan protein. Tiamin juga berfungsi sebagai elemen penting yang menjaga kesehatan kulit anda. Vitamin B1 juga berguna mengubah karbohidrat menjadi tenaga. Apabila kekurangan tiamin akan menyebabkan beberapa gangguan kesehatan diantaranya gangguan kesehatan kulit seperti kulit bersisik dan kering, gangguan pencernaan, jantung dan kerja saraf. Dari mana tubuh bisa memperoleh asupan vitamin B1 atau tiamin ini? Kacang -kacangan, daging, gandum, susu, nasi, dan telur banyak mengandung tiamin. Anda bisa membuat variasi makanan atau menu harian sehingga kebutuhah akan vitamin B1 terpenuhi.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin juga berperan mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan menghasikan energy. Vitamin B2 membantu tubuh mengolah lemak dan protein. Kekurangan vitamin ini menyebabkan kulit kering, mulut pecah-pecah, sariawan. Vitamin ini juga berpengaruh pada kesehatan mata, liver , kulit dan rambut. Fungsi lain yang tidak kalah penting dari Riboflavin adalah sebagai antioksidan. Vitamin B2 akan menghancurkan radikal bebas yang bisa merusak DNA dan sell –sell tubuh. Kerusakan DNA dan sell-sell tubuh akan menyebabkan percepatan penuaan, kanker dan penyakit jantung.

Dari mana sumber vitamin B2

Vitamin B2 mudah diperoleh karena vitamin ini terdapat pada makanan yang mudah didapat, seperti kedelai, kuning telur, susu, sayuran segar, jamur, beras, gandum, yogurt, broccoli dan bayam. Perlu diingat, riboflavin tidak tahan terhadap cahaya namun vitamin ini tidak rusak kena panas saat dimasak. Vitamin ini juga larut dalam air sehingga sebaiknya anda mencuci dulu bahan makanan yang mengandung riboflavin sebelum mengiris atau memasaknya jangan sebaliknya dipotong atau diiris baru dicuci sehingga vitamin ini akan hilang terbawa air.

Vitamin B3 (Niasin)

Energi yang dihasilkan tubuh kita merupakan hasil perubahan karbohidrat yang dipengaruhi oleh Niasin. Niasin selain itu bertugas membantu proses metabolisme lemak dan protein. vitamin B3 juga mempengaruhi kadar gula darah dan tekanan darah. adalah salah satu vitamin yang bisa mengatasi migraine atau sakit kepala sebelah dan vertigo. Niasin berfungsi juga sebagai penetralisir racun. apa akibat kekurangan niasin? ada beberapa gejala kekurangan vitamin B3 diantaranya keram, kejang otot, gangguan pencernaan, dan mual-mual. dari mana sumber vitamin B3? Niasin banyak terdapat pada gandum, kentang, serta sumber makanan dari hewan diantaranya ikan, daging unggas, hati, dan ginjal. 

Vitamin B5( asam pantotenat)

Vitamin B5 termasuk jenis asam yang mempengaruhi reaksi enzim. Vitamin B5 punya peran yang signifikan didalam metabolism. Vitamin ini akan mengurai lemak. Manfaat lain dari asam pantotenat adalah sebagai produsen asam lemak, sterol, neurotransmitter, dan hormone. Oleh karena itu asam pantotenat berfungsi menjaga keseimbangan saraf pusat serta otak. Apa kibat yang timbul dari kekurangan vitamin B5? Hal yang paling nampak adalah bibir kering dan pecah-pecah, kulit bersisik, kejang atau keram otot, serta susah tidur. Dari mana bisa diperoleh asam pantotenat? Jika anda mengkonsumsi daging, susu, ginjal, sayuran hijau, dan kacang hijau anda akan mendapat asupan asam pantotenat yang cukup.


Vitamin B6 (Piridoksin)


Vitamin B6 atau sering disebut piridoksin ini adalah tentara dalam tubuh kita. Piridoksin berfungsi memproduksi antibody yang melawan benda atau senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh. Piridoksin adalah perisai dari serangan antigen. selain sebagai perisai piridoksin juga berguna untuk menghasilkan energy dengan pemasakan asam lemak. Piridoksin terdapat pada beras, pisang, alpukat, tomat, apel, jagung, ikan, daging , dan kacang-kacangan. Jika anda mengalami avitaminosis terhadap piridoksin anda akan mengalami kejang otot, insomnia, serta kulit pecah-pecah.

0 Response to "nama lain vitamin B dan manfaatnya untuk kesehatan"

Posting Komentar