Benarkah minyak goreng mengandung kolesterol

minyak goreng non kolesterolSebagian kita sering menghindari makanan yang digoreng. Alasanya adalah tidak mau kolesterolnya naik. Benarkah demikian? Minyak goreng mengandung kolesterol.


Banyakanya perusahaan minyak goreng membuat persaingan lebih ketat, terutama minyak goreng kemasan. Mereka menawarkan berbagai jenis minyak goreng sehat. Dengan memberi label minyak goreng non-kolesterol. Persaingan demikian sebenarnya sih wajar , Cuma cara mereka membesar-besarkan rasa takut masyarakat terhadap kolesterol berlebihan.

Anggapan yang salah dimasyarakat sering minyak goreng yang murah mengandung kolesterol. Sehingga mereka berlomba-lomba membeli minyak goreng kemasan yang harganya mahal. Perlu anda catat bahwa semua minyak goreng baik dari kelapa sawit maupun kelapa tidak mengandung kolesterol.

dr. Fiastuti Witjaksono Msc, MS, SpGK mengatakan bahwa semua minyak adalah non-kolesterol, karena kolesterol adanya dari hewani. (http://health.detik.com/read/2011/03/23/170145/1599718/766/banyak-yang-salah-kaprah-soal-minyak-goreng-non-kolesterol)


Makanan dengan kolesterol berasal dari makanan hewani seperti kuning telur, jeroan, dan otak. Yang sering salah dari masyarakat kita anggapan minyak goreng apalagi minyak goreh curah berkolesterol tinggi.

Apa masalah minyak goreng sebenarnya sehingga dikambing hitamkan sebagai penyebab meningkatnya kolesterol?. Minyak goreng nabati mengandung lemak tak jenuh tunggal maupun ganda. Lemak tak jenuh tidak berbahaya bagi tubuh.

Bagaimana bisa minyak goreng mengganggu kesehatan anda? Adalah cara menggunakan minyak goreng itu sendiri. Anda harus mulai mengubah cara masak anda dengan minyak goreng. Pemanasan yang tinggi dan berulang ulang akan mengakibatkan rusaknya lemak tak jenuh minyak goreng nabati menjadi lemak jenuh. Lemak jenuh inilah yang berbahaya bagi kesehatan anda.

Kalau anda sering membeli gorengan di pinggir jalan, mulailah berpikir kalau anda sedang menghindari kolesterol. Anda tidak tahu sudah berapa kali minyak yang digunakan oleh si pedagang untuk menggoreng makananya? Apakah minyak tersebut diganti yang baru setiap hari ataukah dicampur minyak lama dengan minyak baru? Kalau anda mau sehat bikin sendiri gorengan bakwan, tempe atau tahu isi. Selain anda bisa menghemat, anda tentu tidak ragu dengan kesehatan makanan yang anda buat sendiri.

0 Response to "Benarkah minyak goreng mengandung kolesterol"

Posting Komentar