manfaat buah pinang untuk kesehatan reproduksi pada wanita dan pria

Pinang juga sering disebut dengan pohon Jambi. Pohonya tegak lurus seperti pohon kelapa atau palm namun buahnya sebesar kedondong, atau lebih mirip buah kelapa sawit. Nenek kita sering menggunakan biji pinang kering untuk campuran kinang. Kebiasaan menginang dengan berbagai ramuanya sudah sangat umum bagi nenek moyang kita. Tentu mereka tidak sembarangan menggunakan biji pinang sebagai campuran ramuan kinang.


Apa sih nama latin buah pinang? Nama latinya adalah Arecha Catechu. Di Jawa dikenal dengan nama Jambi atau Jambe. Entah pohonya berasal dari Jambi atau dari daerah lain. Pohonya sering digunakan untuk perlombaan pada 17 Agustus. Kulit pohon apabila dilumuri dengan oli bekas akan menjadi sangat licin sehingga perlombaan panjat pinang menjadi tontonan yang menarik karenan dilakukan dengan berkelompok.


Kandungan biji pinang sendiri sangat banyak diantaranya alkaloid ( arekolin ), arekolidine, arekain, isoguvasine, guvsine, tannin, guvakolin, flavan, senyawa fenolitik, getah, lignin, garam, minyak, asam galat, flavonoid, proantosianidin.( www.ccrc.farmasi.ugm.ac.id)


Buah pinang secara umum digunakan untuk mengatasi mimisan, haid yang tak henti, gangguan gigi dan gusi, cacingan dan bahkan kanker. Manfaat pinang yang paling menonjol adalah untuk menjaga kesehatan alat reproduksi pada wanita. Beberapa fungsi buah atau biji pinang pada wanita adalah

1. Menyempitkan vagina.

Ada pembicaraan dikalangan lelaki kalau mereka lebih suka vagina yang sempit dan keset. Apakah anda demikian? Dengan cara meminum air rebusan pinang selama sebulan anda para suami mungkin akan lebih betah dirumah karena istri anda sekarang lebih keset dan bersih.

2. Mengembalikan rahim setelah melahirkan.

Buah ini baik bagi ibu yang baru saja melahirkan. Kondisi rahim tentu menjadi lebar setelah persalinan. Nah buah pinang berfungsi menyempitkan rahim. Untuk menyempitkan rahim digunakan biji pinang muda yang direbus.

3. Mengurangi vagina becek.

Istilah becek sangat tidak menyenangkan bagi wanita, apalagi kalau ucapan ini keluar dari sang suami tercinta. Seorang istri tentu akan merasa tidak percaya diri lagi melayani suami yang akibatnya menurunya kualitas hubungan seksual. Menurunya kualitas hubungan seksual dalam rumah tangga akan menimbulkan masalah psikologis yang tidak baik untuk keharmonisan rumah tangga. Dengan meminum rebusan air perasan buah pinang tua sekali seminggu , masalah lendir yang terlalu banyak bisa diatasi.

4. Menghentikan darah haid.

Darah haid yang berkepanjangan juga tidak baik bagi wanita. Buah pinang sangat baik bagi anda yang mengalami masalah yang demikian. Extrak biji pinang akan mempercepat pembekuan darah.

5. Bagi laki-laki biji pinang bisa mengatasi ketidaksuburan.

Extrak biji pinang akan menjadi agen apoptosis pada pria, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas sperma sehingga bisa menjadi solusi ketidak suburban pada pria.


Banyak juga yah manfaat biji pinang untuk kesehatan organ reproduksi baik pria ataupun wanita. Tapi kan susah dan malas mengkonsumsi rebusan biji pinang. Anda sekarang tidak perlu khawatir sudah banyak kok herbal yang diproduksi dengan bahan dasar buah pinang. Makanya mungkin ada pepatah bagaikan pinang dibelah dua. Mungkin pepatah ini melambangkan mesranya hubungan suami istri jika mengkonsumsi buah pinang.

1 Response to "manfaat buah pinang untuk kesehatan reproduksi pada wanita dan pria "