apa manfaat dan kandungan gizi nanas





Pohon nanas mudah sekali kita jumpai disekitar kita. Pohon ini mudah sekali tumbuh. Tanpa pemupukan pun bisa tumbuh subur. Sebagian masyarakat kita masih menanam nanas hanya sebagai selingan atau batas tanah. Masih sedikit para petani nanas yang mengkomersilkan buah nanas secara masal. Padahal kalau mau melakukanya , tentu si petani akan mendapat keuntungan yang banyak.



Nama latin pohon nanas adalah Ananas comosus (L.) Merr. Sedang bahasa inggris nanas adalah pineapple. Buah nanas warnanya bermacam-macam. Ada yang kuning , ungu dan hijau. Ada nanas yang cukup terkenal, namun sekarang jarang kita jumpai dipasaran di luar kota asalnya yaitu nanas Bogor. Nanas Bogor terkenal dengan rasa yang manis dan buahnya yang super besar. Saya ingat waktu kecil menanam pohon nanas Bogor sampai berbuah dan matang, rasanya manis sekali dan buahnya jauh lebih besar daripada nanas yang ada di daerah saya.



Pohon nanas mempunyai kelemahan kalau ditanam dilahan yang subur yang digunakan untuk pertanian tanaman lain. Mengapa demikian? Pohon nanas menyerap unsur hara sebesar-besarnya dari tanah tempat dia tumbuh. Kalau anda menanam tanaman lain selain nanas setelah tempat itu ditanami nanas, anda harus mengolah tanah itu kembali dengan menggemburkanya terlebih dahulu. Ini berbeda kalau anda menanam tanaman polong-polongan. Tanah bekas menanam polong-polongan menjadi subur karena akar polong-polongan mengikat nitrogen yang menjadikan tanah menjadi subur.
   
nanas, pineapple



Bicara kandungan gizi , jangan ditanya nanas mempunyai segudang vitamin dan mineral. Nanas adalah sumber vitamin C yang tinggi. Ada vitamin A juga didalamnya. Selain vitamin nanas juga mengandung mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dektrosa, enzim bromelain, dan sukrosa. Bromealin adalah zat yang bisa melawan kanker. Oh iya, kalau anda punya masalah dengan pencernaan nanas baik bagi anda karena kandugan seratnya cukup tinggi.


Berikut adalah manfaat yang bisa anda peroleh dari buah nanas.

Nanas dapat mencegah asam lambung yang terlalu banyak, melancarkan pencernaan, menjadi antiradang, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan mencegah penggumpalan trombosit.



Nanas juga mengandung asam yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya asam malat, asam sitrat, asam askorbat, asam isokapronik, asam akrilat, asam quinik, asam b-metiltiopropionik metil ester, etil ester dan asam n-valerianik.

Asam malat berguna untuk membuat kulit kencang dan halus, serta menhilangkan bau mulut, asam ini juga berfungsi sebagai anti racun terhadap logam yang membahayakan tubuh. Asam sitrat adalah kandungan asam yang paling banyak , yaitu sekitar 87 %. Asam ini bisa menyebabkan sakit perut jika anda mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong. Oleh karena itu jika anda minum jus nanas atau makan buah nanas sebaiknya perut anda sudah terisi dengan makanan pokok. Asam askorbat adalah sumber vitamin C. asam ini bagus sebagi anti oksidan, anti virus dan anti peradangan.

Nanas juga mempunyai efek samping terutama bagi wanita hamil. Buah nanas memilki sifat menggugurkan kandungan. Banyak praktek pengguguran kandungan secara illegal dengan menkonsumsi nanas muda walaupun tidak bisa menjamin 100 % berhasil. Nanas juga tidak cocok untuk penderita dieabetes karena kandugan gulanya cukup tinggi. Nanas juga bisa menyebabkan rematik. Senyawa bromealin pada nanas baik untuk mencerna lemak sehingga mengkonsumsi buah nanas akan mengurangi lemak perut yang pada akhirnya bisa mengecilkan perut.

 Follow my blog with Bloglovin

1 Response to "apa manfaat dan kandungan gizi nanas "

  1. wah info yang sangat lengkap...ane paling suka makan buah nanas sob...tapi masalahnya abis makan suka sakit perut/mules melilit,,,kebanyakan kali ya...

    BalasHapus