apa manfaat labu kuning

Buah ini biasanya digunakan sebagai symbol perayaan Halloween. Yah, labu kuning kita mengenalnya. Bahasa inggris labu kuning adalah pumpkin. Sedang nama botaninya adalah Cucurbita moschata Durch.



Tanaman labu kuning merambat seperti labu yang lain. Buahnya bulat besar dan berwarna kuning atau orange. Buah ini banyak di jumpai dipasar baik modern maupun tradisional. Kalau bulan puasa labu kuning biasa dibuat kolak. Kandungan karbohidrat dan rasa yang manis sehingga cocok untuk hidangan buka puasa.



Sudah tampak dari bentuknya dan daging buahnya, labu kuning kaya akan karbohidrat. Selain itu labu kuning mengandung vitamin A, vitamin E dan vitamin C. Serat yang dimiliki oleh labu kuning cukup tinggi. Labu kuning juga mengandung betakaroten. Beberapa mineral juga terdapat pada labu kuning diantaranya zat besi, magnesium, kalium, fosfor, seng. Labu ini juga menjadi penyedia protein tiamin dan niacin yang baik.

   
bligo, labu kuning, pumpkin


Adapun kegunaan atau khasiat labu kuning untuk kesehatan tubuh cukup banyak. Beta karoten labu kuning sebagai antioksidan atau antikanker. Serat pada labu kuning mempunyai manfaat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga bisa mengurangi kadar kolesterol. Vitamin C dan vitamin yang lainya tentunya sangat dibutuhkan tubuh kita.



Secara empirik labu kuning digunakan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah. Kandunga kalium labu bisa mengontrol tekanan darah. Mineral seng dan magnesium bagus untuk kesehatan kelenjar prostat pada laki-laki. Biji labu kuning ternyata mengandung senyawa fitosterol. Senyawa ini mencegah pembesaran pada kelenjar prostat dan menambah produksi testosterone sehingga bagus bagi para lelaki. Tidak ada salahnya mengkonsumsi labu kuning. Silahkan mau dibuat apa buah ini, anda mau buat kolak? Boleh, mau buat donat labu kuning? Bisa. Variasi asupan makanan memang perlu agar badan selalu sehat dan mendapatkan asupan gizi dari bermacam-macam sumber.

1 Response to "apa manfaat labu kuning "

  1. Jadi manfaat labu kuning itu ada karena banyak nutrisi yang berupa mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan kita

    BalasHapus