Jambu biji buah kaya vitamin C

Jambu biji banyak ditemui di negeri ini. Memang subur nusantara, tongkat dan kayu pun jadi tanaman. Jambu biji dengan mudahnya tumbuh di pekarangan rumah anda ataupun di pinggir comberan. Bila anda membuang biji jambu , maka biji-biji yang terbuang tersebut akan tumbuh dengan suburnya. Kadang kita tidak sadar akan manfaat tanaman yang tumbuh liar di pekarangan rumah.

Jambu biji sendiri jenisnya sangat banyak, ada jambu dengan isi daging merah, putih, dan kuning. Ada juga jambu biji yang manis rasanya ada juga yang rasanya asem bahkan lebih asam dari buah asam itu sendiri.
   
jambu biji, guava , jambu merah

Bicara manfaat, jambu biji memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Jambu biji adala sumber vitamin C yang cukup tinggi. Selain vitamin C , jambu biji juga mengandung banyak vitamin A, B1, B3, B6 dan mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, dan zat besi. Jambu biji juga memiliki kandungan korbohidrat, lemak hanya sedikit, protein, air, serat larut, senyawa antioksidan poli-fenolik, flavonoid, dan zat likopen.

Tidak hanya buah (pinang) yang mengandung nutrisi dan senyawa kimia yang dibutuhkan tubuh, daun jambu biji juga mengandung banyak zat –zat yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya tanin, minyak atsiri, asam ursolat, asam psidolat, asam kratogolat, asam oleanolat, dan asam guajaverin.

Manfaat jambu biji tidak perlu diragukan lagi. Flavonoid pada jambu dan buah merupakan zat anti kanker, dan anti aging. Kalau anda mempunyai masalah dengan pencernaan cobalah mengkonsumsi jambu biji karena kandungan serat larutnya cukup tinggi (5.4 gram/100 g). Serat jambu biji membantu menghilangkan racun dan mengikat kimia yang merusak pada usus besar. Vitamin C jambu biji sebagai penangkal dari penyakit atau sebagai daya tahan tubuh. Dari pada anda membeli vitamin C buatan lebih baik anda minum jus jambu biji.

Sifat jambu adalah anti toksin dan desinfektan yaitu sebagai anti racun dan anti bakteri. Kalium pada jambu biji baik untuk kerja jantung, vitamin B3 dan B6 adalah suplemen buat otak dan saraf. Masih banyak lagi manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh kita.

Nama latin jambu biji adalah Psidium guajava. \ bahasa inggris jambu biji adalah guava. Orang jawa biasa menyebut jambu klutuk. Jambu biji jenisnya sangat beragam. Hampir semua jenis mempunyai manfaat yang sama. Namun jambu biji dengan daging merah lebih banyak dimanfaatakan karena buahnya manis dan wangi. Buah jambu biji merah juga lebih tahan terhadap serangan ulat buah daripada jambu Bangkok. Jambu biji merah kalau sudah matang lembek dan manis sehingga jambu ini lebih sering dibuat jus dari pada dimakan seperti biasa. OK, jangan lupa jus jambunya setiap hari atau paling tidak sekali dalam seminggu.



2 Responses to "Jambu biji buah kaya vitamin C "

  1. selamat sore sobat wah trmksih banyak sob banyak yang aq baca2 di blog ini banyak yang bermanfa'at sekali sobat

    BalasHapus
  2. terima kasih kunjunganya, hidup sehat itu murah, jambu biji banyak tersedia disekitar kita, kenapa kita harus beli kiwi yang mahal padahal jambu biji ada di pekarangan rumah kita

    BalasHapus