apakah umbi gadung beracun

Gadung “ gadung” disini bukan asal kata dari gadungan atau palsu. Tetapi gadung adalah umbi yang beracun namun kalau diolah sedemikian rupa menjadi kudapan yang enak. Paling enak makan kerupuk gadung. Untuk membuat kerupuk gadung, anda harus melakukan beberapa proses, seperti pemotongan, penawaran racun dengan abu, perendaman, penjemuran dan perebusan serta terakhir pembuatan kerupuk.

Nama latin gadung adalah Dioscorea hispida Dennst. Kalau bahasa inggris gadung apa yah? Saya belum sempat cari nih. Nanti kalau ketemu saya update lagi. Tanaman gadung merambat pada pohon besar seperti pohon nangka, albasia dan pohon keras lainya. Batangya berduri dan daunya berbulu. Umbi gadung besar dan berwarna putih kekuningan.
     
gadung

Apa khasiat gadung? Wah ternyata umbi yang satu ini banyak juga manfaatanya. Umbi gadung biasanya digunakan sebagai obat kutil, mata ikan dan kapalan. Selain itu umbi gadung juga digunakan sebagai obat kusta. Di Negara tertentu seperti Thailand gadung dijadikan obat kejang perut dengan mengoleskan irisan gadung, dan menmbuang nanah pada koreng. Kalau orang cina sering menggunakan gadung untuk mengurangi rematik dan arthritis. Demikian juga orang Filipina menggunakan gadung untuk mengobati luka pada binatang.

Apa sih yang membuat umbi gadung beracun. Ternyata gadung mengandung dioscorine. Diosciorine bisa menyebabkan kepala pening. Manfaat lain dari gadung adalah sebagai berikut; tepung gadung bisa digunakan sebagai pemutih pakaian, gadung juga bisa menjadi racun bagi serangga atau insectisida.

Umbi gadung sebenarnya mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Gadung mengandung sedikit protein, lemak, dan abu. Gadung adalah sumber karbohidrat yang tinggi dalam 100 gram gadung terdapat 23 gram karbohidrat. Ada beberapa mineral diantaranya fosfor kalsium dan besi serta serat. Ada juga vitamin B1 dan vitamin C.

Gadung juga mengandung senyawa sapogenin. Sapogenin sendiri mempunyai kaitan yang erat dengan hormone sex corticosteroid. Senyawa tersebut adalah bahan pembuat alat kontrasepsi oral dan hormon seksual. Nah tertarik makan gadung? Kalau makan keripik gadung anda sudah tidak usah kuatir mabuk karean biasanya sudah melalui proses pemasakan yang benar dan panjang sehingga efek racun gadung sudah hilang.

1 Response to "apakah umbi gadung beracun "

  1. ternyata gadung banyak manfaatnya juga yah, tapi harus hati-hati juga karena beracun, makasih infonya mas:)

    BalasHapus