ingin tahu manfaat anggur?

Buahnya sangat menggoda. Bentuk dan warnanya yang indah menandakan anggur adalah buah yang lezat. Memang benar anggur adalah buah yang segar dan manis rasanya. Selain manis dan segar anggur juga mempunyai banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita.

Anggur sendiri sangat banyak ragamnya. Ada anggur merah, hijau, ungu dan lainya mulai yang bentuk lonjong dan bulat. Nama latin anggur adalah Vitis vinifera. Orang inggris menyebutnya grapes.

Kandungan gizi yang anggur ternyata luar biasa. Buah anggur mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Ada juga zat –zat antioksidan sebagai anti radikal bebas dalam tubuh kita. Namun demikian anggur juga bisa dijadikan minuman keras setelah melalui proses fermentasi. Apapun manfaat yang bisa diambil dari minuman keras , mudharatnya masih lebih banyak.
     
grape, anggur

Anggur ternyata sumber karbohidrat, gula, serat pangan, dan vitamin. Anggur mengandung vitamin A, B1,B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Selain itu juga ada vitamin C,E, K, dan sedikit protein dan lemak. Mineral pada anggur cukup banyak diantaranya zat besi, mangan, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng,

Di dalam buah anggur terdapat banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan dalam metabolism tubuh. Tidak hanya itu, senyawa anti oksidan yang ada di dalam buah anggur mampu menangkal radikal bebas. Dari unsur-unsur tersebut, menjadikan buah anggur memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan kita.

Kandungan senyawa matabolit pada anggur cukup baik untuk melancarkan metabolsme tubuh. Berikut beberapa senyawa tersebut ; flavonoid, antosianin, resveratol. Senyawa tersebut mampu melancarkan peredaran darah dan mencegah timbulnya sel kanker. Dengan demikian resiko serangan jantung semakin kecil. Vitamin C dan E pada anggur berfungsi sebagai antioksidan. Anggur juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol darah. Serat pangan pada anggur baik untuk mengatasi gangguan pencernaan.

grapes, vitis vinifera

Kulit anggur mangandung likopen dan betakaroten serta fitronutrien lain seperti belerang dan asam elagat. Anggur mempunyai sifat antibakteri dan antivirus sehingga dengan menkonsumsi anggur akan mengurangi resiko peradangan. Anggur sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan sejak ribuan tahun yang lalu. Nah banyak juga manfaat anggur, anda juga bisa membuat jus anggur kalau anda malas mengunyah buah ini.

PUUK4MFBCFM5 

0 Response to "ingin tahu manfaat anggur? "

Posting Komentar