Ubi jalar sumber karbohidrat alternative

Ubi jalar adalah umbi yang sangat baik sebagai pengganti nasi. Ada Negara di Afrika yang menjadikan ubi jalar sebagai makanan pokok. Di Indonesia sentra penghasil ubi jalar yang cukup terkenal adalah daerah jawa barat. Ada ubi cilembu yang cukup terkenal dan rasanya sangat manis.

Ubi jalar mempunyai nama latin Ipomoea batatas L. Bahasa inggris ubi jalar adalah sweet potato. Orang jawa menyebut ubi jalar dengan nama telo munthul atau telo rambat.
    
ubi jalar, sweet potato, ubi manis

Ubi masih menjadi makanan alternative. Pada bulan puasa konsumsi ubi jalar meningkat. Banyak orang membuat kolak ubi atau kolak biji salak. Biji salak di sini adalah ubi jalar yang di bulat – bulat dengan campuran tepung aci atau sagu kemudian di buat kolak. Kalau bertanya rasa ? makanan olahan ubi jalar cukup enak dan mengenyangkan. Waktu saya masih kecil orang –orang di kampung saya sering membuat “ tai kucing”. Tai kucing di sini bukan “pub kucing” tetapi olahan ubi jalar yang di goreng di bikin lonjong sebesar pub kucing. Makanan ini juga dinamakan “timus”.

Kenapa banyak orang masih sedikit yang mengkonsumsi ubi jalar? Padahal kandungan gizinya cukup tinggi. Untuk mengkonsumsi ubi dengan cara di rebus saja banyak dari kita merasa bosan. Perlulah kiranya anda kreatif mengolah ubi jalar ini menjadi makanan siap saji atau makanan kemasan yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak kita. Kandungan nutrisi yang cukup banyak pada ubi jalar saya kira bisa menjadi motivasi. Kalau anda tahu kadar indeks glikemik ubi rendah yang artinya makanan ini cocok bagi penderita diabetes. Ubi juga mangandung karbohdrat, vitamin A, C, B2, B6 , D , E, zat besi, asam folat, tembaga, fosfor, kalium dan mangan. Kalium yang ada bisa meredakan stress atau ketegangan otot. Selain umbinya daun ubi jalar juga bermanfaat bagi kesehatan

0 Response to "Ubi jalar sumber karbohidrat alternative"

Posting Komentar