manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh kita

Kalau orang jawa sering bercanda dan mengucapkan kata-kata “ Asem”. Asem disini mempunyai arti kekesalan. Kata umpatan asem masih ditoleransi didalam bahasa dan budaya jawa namun mempunyai arti negatif. Apabila orang sudah membuat kesal orang lain beberapa kali bukan lagi kata asem yang di lontarkan oleh orang jawa. Biasanya orang yang sudah dibuat kesal akan mengucapkan kata umpatan warga kebun binatang. Sedikit berbeda dengan kata “Asem” Cuma huruf “em’ diganti “u”. Maaf saya tidak bilang disambung loh.

“Asem bocah kiye yah” itu bukan berarti anak ini rasanya asem. Berbeda dengan “ sayure kok asem banget “ pada kalimat yang kedua baru berarti benar-benar asem. Asam atau asem jawa sering digunakan memasak sayur asem dan beberapa masakan yang lain. Anda pernahkan makan sayur asem? Bukan asem disayur tetapi sayuran yang rasa asemnya berasal dari asam sebagai bumbu. Asem matang sudah banyak digunakan sebagai herbal. Ada minuman yang mempunyai khasiat herbal seperti kunir asem dan air asem gula jawa atau gula aren.
asam, asem, asam jawa, tamarind
  
Nama latin asem adalah Tamarindus indica. Bahasa inggrisnya asam adalah Tamarind. Pohon asam tinggi dan berbatang sangat keras. Banyak pohon asam di tanam disepanjang pinggir jalan di daerah jawa tengah. Orang jawa biasa menyebut “ Thukulan klungsu” . klungsu adalah biji asam sedang thukulan berasal dari kata thukul yang artinya tumbuh.

Nutrisi yang ada pada asam sangat beragam. Ada gula invert, asam tartrat, asam sitrat, asam asetat, asam malat dan asam suksinat. Asam juga sumber besi, magnesium, riboflavin, niasin, vitamin C, fosfor, protein, potassium dan thiamin. Asam juga mengandung banyak serat.

Asam sangat bermafaat bagi kesehatan. Asam jawa bisa menjadi obat rasa nyeri akibat haid. Anda akan menemukan produk kunir asem yang biasa diperuntukan para wanita yang sedang haid. Kandungan thiamin asam berfungsi memperbaiki kerja saraf. Magnesium dan potassium sebagai penguat tulang dan pengatur tekanan darah. Kalau anda sering sembelit cobalah mengkonsusmsi air asem semoga bisa sembuh karena kandungan serat pada asam cukup tinggi. Kalau anak anda sering lemas karena kekurangan zat besi cobalah buatkan air asem dengan gula jawa atau gula aren. Zat besi pada asem akan mengatasi anemia pada anak anda. Bagi anda yang bermasalah dengan kolesterol tidak mengapa anda minum air asem karena niasin asam bisa mangatasi kolesterol. Sementar itu, vitamin C pada dan riboflavin meskipun kadarnya tidak tinggi berfungsi sebagai antioksidan. Kalau anda males membuat sendiri air asem anda bisa membelinya di mbok jamu keliling atau beli saja permen asem ( tetapi yang dibuat dari asem beneran bukan bahan kimia yang rasanya asem).

0 Response to "manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar