kunyit asam bermanfaat buat wanita haid

Sebagai seorang ahli kuliner yang sudah malang melintang dunia persilatan tentulah anda pasti mengenal bumbu masak yang satu ini. Akar atau umbi yang satu ini berwarna kuning dan bisa berfungsi sebagai zat pewarna alami. Ketika anda membuat nasi kuning lebih baik menggunakan pewarna ini selain alami tentulah banyak sekali manfaatnya buat kesehatan. Umbi apakah ini? Ini adalah kunyit.

Apakah anda tahu nama latin kunyit? Saya tahu nama latinya adalah kunir. Wah salah Boss? Nama latinya adalah Curcuma longa Linn\ atau Curcuma domestica Val. Kalau anda ahli bahasa inggris yang punya score TOEFL diatas 500? Coba apa bahasa inggrisnya kunyit? Tidak tahu? Berarti anda perlu membuka kamus John M . Echols dan Hasan Syadzili atau Longman Dictionay. Daripada buka-buka kamus repotkan, saya kasih tahu nih kunir bahasa inggrisnya adalah turmeric.
     
kunir, kunyit, turmeric
http://rohmahsuci.blogspot.com

Tanaman kunyit sebenarnya adalah tanaman asli Asia. Hampir semua Negara-negara asia menggunakan kunyit baik untuk bumbu masak maupun untuk pengobatan. Kunyit termasuk keluarga jahe-jahean. Umbi yang dalam bahasa belanda dikenal kurkuma ini baik untuk kesehatan.

Apa sih yang terkandung di dalam kunir? Kunyit mengandung senyawa kurkuminoid. Senyawa ini sebanarnya ada beberapa macam yaitu kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, dan minya atsiri diantaranya keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, zingerberen, felandren, sabinen, borneol, dan sineil. Selain senyawa kimia tadi kunyit mengandung karbohidrat, protein, pati, besi, fosfor, kalsium dan vitamin C.

Berbicara masalah manfaat kunyit, kita sudah tidak meragukan lagi umbi dari keluarga jahe-jahean ini. Hampir semua umbi dari jahe-jahean bermanfaat sebagai herbal. Berikut manfaat dari kunyit yang bisa anda peroleh. Kunyit bisa sebagai antiseptic, dan antikanker. Percobaan pada tikus terbukti bahwa extrak kunyit bisa menghentikan penyebaran sel kanker. Kunyit juga berfungsi sebagai detoksifikasi atau anti racun, anti peradangan atau inflamasi. Kunyit juga bisa mengatasi peradangan sendi arthtritis-rheumatoid atau osteo-arthritis ( rematik). Kunyit juga bagus sebagai peluruh kentut atau gas dalam perut. Tetapi perlu diperhatikan jika anda mengkonsumsi kunyit instant, perhatikan apakah ada tambahan bahan pengawet atau pewarna karena anda mungkin tidak akan mendapat manfaat setelah kunyit bercampur dengan bahan tersebut. Sebaiknya anda parut atau peras sendiri extrak kunyit jadi lebih bersih dan steril.

0 Response to "kunyit asam bermanfaat buat wanita haid "

Posting Komentar