manfaat adas manis bagi kesehatan tubuh kita

Adas merupakan rempah- rempah yang beraroma kuat. Nama latin adas manis adalah Pimpinella anisum. Bahasa ingris adas manis adalah aniseed. Rasanya manis dan mempunyai bau yang segar. Adas manis termasuk rempah yang berkadar gula tinggi.

Di Meksiko orang membuat minuman “atole” dengan bahan adas manis. Kalau di turki diolah menjadi minuman yang mengandung alcohol. Adas manis juga bisa digunakan sebagai bumbu masak. Di Indonesia sendiri jarang sekali masakan yang menggunakan adas manis ada beberapa tetapi tidak banyak. Kalau masakan padang munkin memakai soalnya ketika anda beli bumbu racik masakan padang yang belum digiling ada beberapa macam rempah yang saya tidak kenal namanya. Salah satu bumbu mungkin adas atau adas manis.
     
adas manis, aniseed, adas
http://www.aniseeds.com/

Kandungan zat kimia pada adas manis sendiri cukup banyak terutama minyak atsiri yang didalamnya mengandung anetole,fenkon, pinen, limonen, anisaldehid, asam anisat dipenten, felandren, lemak, serposterin dan metilchavikol. Anetole inilah yang mengeluarkan aroma segar.

Penggunaan adas manis di dalam dunia pengobatan cukup banyak. Adas manis biasa dimanfaatkan sebagai obat antiparasit ringan. Adas juga sebagai penghangat badan, antiradang, antispasmodik, dan analgesic ( anti rasa sakit) . Adas juga dipercaya bisa melancarkan asi, meluruhkan kencing, menormalkan fungsi lambung, meningkatkan nafsu makan, meluruhkan dahak, dan kentut karena efek hangat dan pedasnya.

1 Response to "manfaat adas manis bagi kesehatan tubuh kita "