minum kopi bermanfaat buat tukang ronda

Kalau mau begadang minum saja kopi. Yah, memang kopi sangat pas menjadi teman begadang. Rasanya yang agak pahit membuat mata melek. Ketika berkumpul – kumpul dengan teman ada yang kurang pas tanpa secangkir kopi. Kopi seolah – olah menjadi sebuah ikon pergaulan.



Apakah kopi hanya untuk perantara pergaulan saja? Mari kita lihat apa yang ada pada biji kopi. Benarkah mengkonsumsi membuat mata melek? Dan bagaimana meracik minuman kopi sehingga menjadi lebih bervariasi. Ternyata dari sebutir biji yang hitam ini telah lahir banyak industri besar seperti starbuck coffee.
 
coffee, kopi anget, kopi biji
http://stikes.almaata.ac.id

    
Nama latin kopi adalah Coffea Arabica. Dalam bahasa inggris di sebut coffee. Bahasa arabnya kopi adalah qahwah. Kalau kita biasanya ngopi pagi-pagi ditemani pisang goreng.



Sebelum bicara manfaat mari kita lihat sedikit tentang kopi. Penemuan biji kopi dilakukan oleh orang Etiopia sekitar 1000 tahun sebelum masehi atau ada yang mengatakan 800 tahun sebelum masehi. Orang Etiopia mengkonsumsi kopi dengan mencampur lemak dan anggur sebagai supplement protein dan energy. Kisah dimulai ketika seorang bernama Khalid dari Abyssinia terheran-heran melihat kambing gembalaanya terjaga setelah makan buah sejenis buah bery. Kemudian ia mencoba memakanya , setelah itu ia menjadi terbiasa menkonsumsi buah yang mirip bery tersebut yang sebenarnya adalah kopi. Banyak orang mengikuti mengkonsumsi kopi dikala itu namun cara menkonsumsinya masih tradisional. Beberapa tahun kemudian biji kopi diperdagangkan di dunia arab dan berkembanglah cara penyajian kopi.



Selanjutnya kopi berkembang dimasa Islam. Banyak orang muslim mengkonsumsi kopi dan memperdagangkanya. Kopi menyebar ke daerah Afrika utara, India dan Mediterania. Biji kopi diperjualbelikan di Eropa tahun 1615 oleh pedagang dari venisia yang mengambil kopi dari Turki. Karena kebutuhan kopi di Eropa meningkat Belanda menanam kopi untuk memenuhinya dan berhasil pada tahun 1616. Tahun 1690 penjajah Belanda mulai menanam kopi di Indonesia. Kira kira demikian ceritanya.

Apa kandungan biji kopi itu sendiri. Ada beberap nutrisi yang ada pada kopi yaitu protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu ada asam klorogenat dan kefein serta beberapa zat lain.

Manfaat kopi bagi kesehatan sebenarnya cukup banyak. Kopi bisa menurunkan resiko diabetes dengan adanya asam klorogenat. Penelitian membuktikan wanita yang mengkonsumsi kopi lebih sedikit yang terkena serangan stroke. Di jepang wanita lebih rendah yang terkena kanker usus besar. Ada kandungan antioksidan yang baik pada kopi. Kopi juga bisa menurunkan resiko terkena penyakit hati atau liver.

Namu jangan salah mengkonsumsi kopi bagi orang yang menderita penyakit tertentu sangat tidak di anjurkan seperti penyakit maag dan darah tinggi. Kandungan kefein akan membuat anda melek dan susah tidur, jika dikonsumsi berlebihan akibatnya juga tidak baik bagi kesehatan. Nah setelah tahu manfaat kopi , saya kira perlulah kita dengan bijak mengkonsumsi biji yang satu ini.

0 Response to "minum kopi bermanfaat buat tukang ronda"

Posting Komentar