manfaat singkong bagi kesehatan tubuh kita

Masih ingatkah anda akan sebuah lagu tentang singkong kira-kira tahun 70-an. “Aku anak singkong”. Singkong pada waktu itu menjadi ikon kemiskinan atau ikon orang kampung. Tetapi apakah singkong benar – benar makanan kampung? Tentu tidak, banyak produk olahan singkong yang sekarang sudah masuk supermarket dan bahkan menjadi produk favorite serta banyak manfaat yang bisa kita peroleh. .

Singkong sendiri mempunyai nama –nama yang banyak. Dalam bahasa Indonesia singkong juga disebut ketela pohon atau ubi kayu. Sedang bahasa inggrisnya singkong adalah cassava. Nama latin singkong adalah Manihot esculenta. Orang jawa menyebut singkong dengan nama pohung atau budin.

Singkong termasuk sumber karbohidrat yang baik. Tepung singkong disebut aci. Tepung aci banyak digunakan sebagai campuran makanan olahan. Tepung aci mempunyai sifat merekatkan sehingga penggunaan tepung ini lebih banyak sebagai bahan yang harus ada untuk membuat suatu makanan olahan. Namun ada juga tepung aci yang diolah menjadi makanan yang cukup enak sekarang ini, yaitu cireng ( aci di goreng). Pernahkah anda mencicipi cireng bandung yang dibuat dengan berbagai macam kreasi masakan sehingga rasanya semakin enak. Ada cireng bandung isi daging , kornet dan lainya.
     
cassava, singkong, ubi kayu

Selain karbohidrat singkong mengandung kalsium, air, vitamin C, protein, besi, lemak, vitamin dan fosfor. Singkong mengandung vitamin B kompleks diantaranya asam folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), asam pantotenat, dan riboflavin. Umbi singkong bisa teroksidasi dan menghasilkan asam sianida (HCN). HCN ini memiliki rasa yang pahit dan bersifat meracun. Singkong yang diparut dan diperas akan menghasilkan pati yang disebut aci. Ciri –ciri singkong yang sudah mengandung asam sianida adalah ketika singkong yang sudah memerlihatkan warna kebiru-biruan atau kehitam-hitaman. Ini terjadi ketika singkong yang sudah diangkat dari tanah tidak segera diolah. Umbi singkong tidak bisa bertahan lama meskipun di dalam lemari pendingin. Jadi kalau anda membeli singkong pilihlah singkong yang masih segar dan berwarna putih bersih dan sebaiknya anda segera mengolah singkong segar yang baru saja anda beli tersebut.

Singkong ternyata mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai anti kanker, pencegah penyakit maag. Karbohidrat singkong cukup tinggi tetapi rendah lemak. Jika anda menkonsumsi singkong akan membuat anda terasa kenyang dan membuat perut nyaman sehingga bisa meredakan gejala penyakit maag. Singkong juga bisa menormalkan kadar kolesterol darah, dan gula darah. Selain itu singkong bisa menjadi sumber karbohidrat utama setelah nasi.

0 Response to "manfaat singkong bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar