manfaat pokcoy bagi kesehatan tubuh kita

Sawi sendok atau lebih dikenal pokcoy adalah sayuran hijau yang banyak di konsumsi oleh orang Cina. Sayuran ini berbentuk seperti sawi namun daunya melingkar lebar seperti sendok sayur makanya sawi ini disebut sawi sendok.



Untuk mengkonsumsi sawi ini sebenarnya tidak susah. Anda bisa membuat tumisan dengan daging tipis atau anda mengukusnya kemudian campurkan pada masakan trancam atau lalaban lainya. Masalah rasa tentulah tergantung selera anda, namun sayuran ini termasuk sayuran ringan seperti halnya sawi hijau, sawi putih dan selada. Apa yang dimaksud ringan? Cara memasak sayuran ini mudah karena hanya memerlukan sedikit pemanasan.

  
pokcoy, pakcoy
http://dapurkhatulistiwa.blogspot.com




Apakah anda tahu apa nama latin sawi ini? Namanya adalah Brassica rapa . Banyak orang lebih mengenal pokcoy. Dari namanya seperti nama Cina. Masakan Cina memang banyak menggunakan sayuran ini. Rasa dari sayuran ini juga segar sehingga banyak orang merasa tidak enggan untuk mengkonsumsi sayuran ini. Jika dibandingkan lembayung , mungkin anda akan mikir dua kali untuk mengkonsumsi lembayung apalgi anak-anak.



Berbicara tentang kandungan gizi pokcoy , sudah tidak diragukan lagi. Sayuran ini memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Pokcoy mengandung vitamin K,A,E,C, B1,B2, B3 dan B6. Selain vitamin pokcoy juga mengandung mineral seperti mangan, triptofon, kalium , kalsium, besi, fosfor, tembaga, magnesium dan protein. Jangan salah juga pokcoy merupakan sumber serat yang tinggi.



Masih penasaran dengan pokcoy? Mari kita lanjutkan. Kandungan vitamin K sangat baik sebagai anti kanker dan sebagai pencegah penggumpalan darah. Vitamin K juga befungsi sebagai pembantu penyerapan protein dan tulang sehingga baik untuk mencegah osteoporosis.

Jika anda ingin mata yang sehat, pokcoy sangat bagus karena mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin C yang ada pada pokcoy juga cukup tinggi yang tentunya mempunyai fungsi menjaga kekebalan tubuh dan antioksidan. Buat ibu hamil, ada asam folat yang bagus untuk kesehatan janin. Selain vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan , pokcoy masih memiliki sebuah amunisi yang ampuh untuk melawan radikal bebas yaitu vitamin E. Vitamin E juga juga bagus untuk menurunkan kolesterol.

Beberapa manfaat yang saya telah sebutkan berasal dari vitamin, bagaimana dengan mineral dan protein? Kalsium tentunya sangat baik untuk tulang. Magnesium yang cukup pada pokcoy befungsi sebgai pereda stress dan penenang sehingga anda akan tidur dengan mudah.

0 Response to "manfaat pokcoy bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar