manfaat jambu air untuk cegah dehidrasi

Buah jambu termasuk buah-buahan yang melimpah di negeri ini. Ada berbagai macam jambu diantaranya jambu biji dan jambu air. Jambu air sendiri bermacam-macam jenisnya ada jambu merah, Jambu bol dan jambu wer. Jambu air sendiri ada yang hijau ada yang putih dan ada yang merah muda. Sungguh kaya nusantara.



Tapi apakah buah yang segar ini sudah banyak menjadi komoditi pertanian yang menghasilkan nilai produksi yang tinggi? Kenyataanya tidak. Banyak petani yang belum bisa mengolah dan mengemas buah jambu air. Jambu air mudah rusak sehingga hanya sedikit saja yang bisa mengemas buah jambu ini tetap segar sampai kepasaran yang bisa dikonsumsi semua kalangan. Jika anda pergi ke supermarket anda akan jumpai buah jambu air yang di kemas tetapi apakah yang mengemas petani biasa? Saya kira petani bermodal besarlah yang bisa melakukan itu.


Kalau melihat kandungan gizinya sangatlah pantas jambu air menjadi primadona di took-toko buah. Buah yang segar yang bisa dinikmati oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Apalagi ibu hamil yang sedang nyidam dan suka rujakan, jambu air merupakan salah satu bahan rujak yang segar. Apa saja yang jambu air miliki? Jambu air mengandung konsentrasi air yang tinggi sehingga cepat sebagai pengganti cairan tubuh. Selain itu ada karbohidrat, kalsium, besi, seng, magnesium, potassium, tembaga, asam sitrat, fosfor, serat vitamin A dan C , riboflavin, thiamin dan vitambin B kompleks yang lain.



Nama latin jambu air adalah Eugenia aquea Burm atau Syzygium aqueum. Sedang dalam bahasa inggris disebut rose apple. Tetapi jambu air bukan keluarga apel meskipun nama belakangnya menggunakan kata apple.





Kandungan vitamin A pada jambu air cukup tinggi sehingga baguslah untuk kesehatan mata dan kulit,. Selain vitamin A, jambu air adalah sumber vitamin C yang tinggi juga. Vitamin C berfungsi sebagai antibody yang menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit.



Kadar air yang tinggi bisa merangsang efek diuretic sehingga pembuangan air kencing menjadi lancar. Selain sebagai supplemen agar terhindar dari dehidrasi apabila anda merasa lelah atau kepanasan. Jambu air cocok sebagai teman perjalanan anda ketika anda bepergian jauh. Dengan mengkosumsi jambu air akan mencegah anda dari bahaya dehidrasi di perjalanan, terutama pada anak-anak.

1 Response to "manfaat jambu air untuk cegah dehidrasi"