apakah daun pandan bermanfaat?

Ada sebuah syrop yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu cocopandan. Syrop cocopandan adalah paduan aroma pandan dan kelapa. Tetapi apakah aroma pandan atau kelapa yang ada pada syrop pabrikan itu asli atau bahan kimia buatan? Itu perlu dipertanyakan. Yang jelas ketika anda membuat minuman atau masakan dan menambahkan beberapa lembar daun pandan pada olahan anda, dengan serta merta aroma alami daun pandan akan mendominasi makanan atau minuman yang anda buat.
  


Nama latin pandan wangi adalah Pandanus amaryllifolius Roxb. Bahasa inggrisnya daun pandan adalah screwpine leaf. Tanaman ini biasa tumbuh dipekarangan sebagai pagar atau di pinggir sungai. Pohonya mirip salak akan tetapi tidak berduri. Ada beberapa jenis pandan tetapi yang sering dikonsumsi adalah jenis pandan wangi.

 
pandan wangi, pandan


Tak perlu heran jikalau ternyata daun pandan mengandung senyawa atau nutirisi yang bermanfaat bagi tubuh. Jika selama ini anda ragu untuk menggunakan daun pandan sebagai pewangi alami, anda mulailah memanfaatkan tanaman yang mirip pohon nanas ini. Beberapa kandungan daun pandan adalah Daun pandan mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna.



Berikut beberapa manfaat daun pandan. Manfaat daun pandan ini memang belum pernah atau saya belum mendapati literatur ilmiah tentang daun pandan. Namun demikian, bisalah sekilas info ini membuka cakrawala anda tentang manfaat daun yang panjang –panjang ini.

Secara umum daun pandan digunakan sebagai obat lemah saraf. Daun pandan juga bisa meningkatkan nafsu makan, mengobati rematik, menghilangkan gelisah atau menenangkan. Untuk perawatan rambut anda bisa menggunakan daun pandan sebagai pencegah rambut rontok dan anti ketombe.

0 Response to "apakah daun pandan bermanfaat? "

Posting Komentar