manfaat bawang bombay bagi kesehatan tubuh ktia

Kalau ingat namanya tentulah akan ingat sebuah kota di India. Yah, namanya mirip kota Bombay. Entah ada hubunganya atau tidak nama bawang Bombay dengan kota Bombay. Bawang ini sedikit berbeda dengan bawang putih ataupun bawang merah. Aroma bawang Bombay hampir sama dengan bawang merah Cuma bawang Bombay lebih besar dan berwarna putih.

Bawang Bombay enak dimakan mentah. Masakan asia terutama cina, jepang dan beberapa Negara asia lainya banyak menggunakan bawang Bombay sebagai bumbu utamanya. Sedangkan masakan Indonesia asli jarang sekali. Adanya bawang Bombay pada masakan Indonesia asli sebenarnya sudah terpengaruh kuliner asia timur.

bawang bombay, allium cepa, onion
Nama latin bawang Bombay adalah allium cepa. Bawang Bombay bahasa inggrisnya adalah onion. Tanaman ini termasuk keluarga Alliaceae atau bawang-bawangan.
   
    

Nutrisi yang dimiliki bawang Bombay cukuplah tinggi. Ada beberapa senyawa yang berfungi sebagai anti oksidan. Bawang Bombay adalah sumber Protein, Lemak,Karbohidrat, kalsium, phospat, Zat besi, Vitamin A, vitamin B1, vitamin C , magnesium , tembaga dan Air. Selain nutrisi tersebut bawang Bombay mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Bawang Bombay mengandung alil-propil-disulfida dan mineral chromium sebgai pemicu produksi insulin. Selain itu ada sulfur yang mencegah penggumpalan darah. Senyawa sulfida pada bawang Bombay berfungsi sebagai anti kanker. Bawang Bombay juga sumber quercetin yang memiliki peran sebagai anti radang dan alergi. Jangan salah , bawang Bombay adalah sumber vitamin B kompleks seperti piridoksin, asam folat, thiamin, dan asam pantotenat yang mempunyai peran penting bagi kesehatan otak. Fungsi fosfor , kalsium dan magnesium pada bawang Bombay sebagai penguat tulang yang akan mencegah pengeroposan tulang. Ada juga allicin pada bawang Bombay sebagai pengontrol tekanan darah.

0 Response to "manfaat bawang bombay bagi kesehatan tubuh ktia "

Posting Komentar