manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh kita

Lenkuas merupakan tanaman akar rimpang yang mempunyai aroma yang segar dan wangi sehingga sering digunakan sebagai bumbu masak. Aroma yang kuat pada lengkuas menyebabkan para ibu menggunakan lengkuas cukup dengan di keprek sekali kemudian dimasukan kedalam masakan. Kenapa tidak di uleg atau dipotong kecil-kecil? Jawabnya adalah karena aroma yang kuat tadi itulah. Jika diuleg akan merubah rasa masakan.



Nama latin lengkuas adalah Alpinna Galanga. Lengkuas bahasa inggrisnya adalah galangal. Akar rimpang lengkuas mirip dengan jahe dan kunyit namun aromanya sangat berbeda. Tanaman ini mudah tumbuh didaerah tropis. Kalau anda punya pekarangan kosong , tanam saja lengkuas.
   
laos, galangal, lengkuas



Kandungan senyawa yang ada pada lengkuas cukup beragam. Lengkuas mengandung minyak astiri, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, transkoniferil disasetat,heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih ada lagi beberapa.



Sudah sejak lama nenek moyang kita menggunakan lengkuas sebagai pengobatan, walaupun sekarang sudah banyak ditinggalkan herba lengkuas ini. Bicara tentang manfaat tentulah tidak cukup coretan saya di sini mengurainya. Anda perlu mencari di perpustakaan atau di toko buku apa manfaat lengkuas secara rinci.



Namun secara umum saya akan memberikan gambaran apa saja manfaat lengkuas.
lengkuas punya sifat anti inflamasi sehingga bisa mengatasi radang. Akar rimpang ini juga bisa mengurangi rasa tidak enak akibat iritasi di dalam lambung, Mengatasi mabuk laut dengan mengunyahnya, menangkal radikal bebas, mengobati rematik, menghentikan mencret, melancarkan peredaran darah, menambah nafsu makan, dan mencegah kanker serta masih banyak lagi.

Sebagai anti-tumor. Hal ini terkait dengan penelitian yang menemukan fakta bahwa rimpang lengkuas mampu menghambat enzim xanthin oksidase sebab mengandung senyawa transkoniferil disasetat, asetoksi chavikol asetat, asetoksi eugenol setat dan lain-lain.



Setelah mengetahui khasiat dan manfaat lengkuas silahkan anda mencoba herbal yang satu ini. Dengan banyaknya manfaat bukan berarti anda diharuskan makan lengkuas? Tentu tidak yang anda perlukan adalah mengetahui resep herbal dengan lengkuas sehingga anda bisa memanfaatkan sesuai dengan keperluan anda.

0 Response to "manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar