manfaat pala bagi kesehatan tubuh kita

Buah pala namanya bukan Kepala. Buah inilah yang jadi incaran Negara-negara kolonial di era penjajahan. Ada gula ada semut. Mengapa mereka data ke Nusantara hanya untuk menguasai Negara penghasil pala ini? Buah ini ternyata banyak manfaatnya di dalam dunia medis. Pala berasal dari Maluku asli tanaman Indonesia. Komoditi buah pala mempunyai nilai yang tinggi sejak jaman dulu.



Nama latin pala adalah Myristica Fragrans Houtt. Buah pala bahasa inggrisnya adalah nutmeg. Pohonya tinggi bisa sampai lima belas meter. Daging buah pala berwarna sedikit putih dan mengandung getah. Daging buah pala bisa dibuat manisan. Tapi rasanya , seperti makan balsem deh kalau anda mencoba. Kalau di buat syryp palau sih katanya harum atau semriwing. Sedangkan fuli atau bunga pala bisa dibuat bahan kosmetik dan pewangi. Biji pala sendiri adalah primadonanya. Biji bala bisa dibuat berbagai macam produk seperti bumbu masak, kosmetik, minyak, bahan pengawet dan pewangi.

    
buah pala, nutmeg, pala

Buah pala mengandung banyak nutrisi diantaranya protein, lemak, karbohidrat paling banyak, kalsium, zat besi, vitamin A , vitamin B1, dan vitamin C. Biji pala mengandung astiri 7-14 %. Minyak astiri sendiri banyak sekali manfaatnya dalam industri makanan, kosemetik dan kesehatan.



Manfaat buah pala banyak sekali untuk kesehatan. Buah pala bisa meredakan sakit perut. Buah pala bubuk dan susu bisa dijadikan obat tidur alami. Meneyeduh bubuk pala bisa mengatasi mual. Minyak pala bisa dijadikan obat sakit gigi.



Pengalaman saya waktu kecil ketika saya sakit telinga, mungkin infeksi telinga. Entah resep darimana bapak saya mengambil beberapa kulit pala yang keras seperti batuk itu, kemudian dipecah setelah itu dibersihkan dan dikeringkan. Setelah kering , kulit pada dibakar dengan kayu tanpa disiram minyak sehingga menjadi bara api. Ketika bara api kulit pala sedang menyala masukkan bara tersebut ke dalam gelas yang diisi air matang. “ josss” begitu bunyinya. Obat herbal buatan bapak saya sudah jadi. Setelah itu bapak saya menetesi telinga saya dengan air kuti pala yang di bakar. Dan berapa hari kemudian sembuh.

0 Response to "manfaat pala bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar