manfaat kailan bagi kesehatan tubuh kita





Sayuran ini agak terasa asing bagi kita, yaitu kalian atu Gai-lan menurut ucapan dalam bahasa Cina kanton. Daunya mirip sawi atau lettuce, berwarna hijau. Daun dan batangya bisa di konsumsi.
Sayuran ini masih tergolong belum popular di masyarakat terutama pedesaan. Di perkotaan sudah banyak ditemui sayuran ini dipasaran. Para petani kita juga mungkin sudah mulai menanam sayuran ini.

Rasanya agak sedikit pahit tetapi enak. Kalau bicara masalah kandungan gizi, sayuran ini merupakan jenis sayuran yang kaya akan nutrisi. Beberapa nutrisi ada pada kalian diantaranya vitamin C, Vitamin A, karotenoid, zat besi, protein, kalsium, dan lemak serta kandungan air.
   
kailan, gai-lan
id.wikipedia.org



Nama latin kalian adalah Brassica al boglabra. Sayuran ini berasal dari negeri tirai bambu. Kailan tumbuh subur didataran rendah di dekat rawa-rawa atau endapan sungai, atau tanah gambut. Di lembah-lembah pegunungan dan endapan aliran sungai dari pegunungan tanaman ini sangat cocok.

Manfaat kalian secara umum bisa membantu pencernaan, menetralkan zat asam dan mencegah sariawan. Kandungan vitamin A –nya cukup tinggi yang tentunya bagus untuk kesehatan mata dan kulit. Mengkonsumsi kalian 100 gram perhari bisa mencukupi seprtiga kebutuhan vitamin A tubuh kita. Kalian juga berfungsi sebagai antioksidan dengan vitamin C dan karotenoidnya.

Kebutuhan kalian di dunia cukup tinggi. Indonesia termasuk negara yang rendah di dalam menghasilkan produksi kalian. Kalau dilihat kesuburan tanah yang ada di negeri kita , sangat memungkinkan Indonesia menjadi produsen kalian yang diperhitungkan.

0 Response to "manfaat kailan bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar