manfaat bengkoang untuk kecantikan

Bengkoang dan mentimun sepertinya pasangan serasi.. Dari rasanya dan segarnya hampir sama. Bengkoang atau bengkuang merupakan tanaman merambat. Tanaman ini lebih banyak dimanfaatkan umbinya daripada buahnya. Buah bengkoang adalah berbentuk biji, makanya bengkoang termasuk keluarga polong-polongan. Nama latin bengkoang adalah Pachyrhizus erosus.
 
bengkuang, bengkoang
     Kalau di Jawa tengah kita bisa jumpai pedagang bengkoang di sepanjang jalan Prembun – Kutowinangun , Kebumen. Para pedagang memajang bengkoang segar yang baru saja dipanen disepanjang pinggir jalan. Kalau masalah harga cukup murah dari pada anda membelinya di pasar. Itu hanya sebagian kecil hasil pertanian bengkoang di daerah Kebumen yang di konsumsi secara langsung. Sebagian besar hasil bengkoang diambil dengan truk untuk keperluan industry kosmetik dan distribusi ke kota lain.

Kebetulan daerah kelahiran saya dekat dengan Prembun. Sewaktu kecil banyak petani yang menamam bengkoang. Saya teringat ketika suatu hari, teman-teman dan saya mencari bengkoang ditegalan. Namanya anak cari bengkoang yah di lahan milik orang, ternyata si empunya kebon tahu kalau anak-anak mengacak-acak kebon bengkoangnya. Kemudian si empunya kebon berteriak sambil mengacungkan kapak, melihat itu kami sangat ketakutan dan ambil langkah seribu. Kami semua lari ke pinggir sungai dan “Jebur” kami lompat ke sungai sambil bawa bengkoang. Kemudian kami berenang –renang di sungai. Sebagian anak yang berhasil membawa bengkoang yah menikmati hasil buruanya.

Jadi ngelantur nih, mungkin anda juga punya cerita yang lebih seru daripada saya. By the way, umbi bengkoang mengandung 80 sampai 90 % air sehingga bengkoang mempunyai efek diuretic atau pendingin. Didalam kandungan air bengkoang mengandung gula, pati, fosfor, dan kalsium. Rasa manisnya berasal dari oligosakarida atau inulin. Bengkoang juga merupakan sumber vitamin C dan B1, zat besi, lemak 0,2 gram/100 gr. Ada juga karbohidrat, dan vitamin A.

Manfaat bengkoang sendiri sudah teruji dan terbukti di dunia kecantikan dan perawatan kulit. Banyak sekali kita jumpai dipasaran masker bengkoang atau lulur bengkoang dan lainya. Selain untuk kosmetik bengkoang bagus sebagai antioksidan, vitamin B1 bisa mencegah penyakit beri-beri. Mengkonsumsi bengkoang bisa mencegah dehidrasi, bagus bila anda melakukan perjalanan jauh untuk menkonsumsi bengkoang. Hal lain bengkoang yang menakjubkan bisa mengurangi resiko stroke dan serangan jantung, serta membuang kolesterol jahat dalam tubuh.

Serat bengkoang termasuk tinggi oleh karena itu bengkoang bagus untuk melancarkan saluran pencernaan dan mengatasi sembelit. Bagi anda yang diet bengkoang bagus untuk anda. Nah banyak sekali makanan dari alam manfaatnya. Jangan ragu lagi kalau anda lewat Kutowinangun-Prembun untuk membeli bengkoang yang banyak dijajakan di sepanjang jalan.

0 Response to "manfaat bengkoang untuk kecantikan"

Posting Komentar