manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh kita

Ingatkah anda akan sebuah lagu ketika anak –anak? Berikut syairnya “ Si kancil anak nakal suka mencuri ketimun, ayo lekas di kurung jangan diberi ampun”. Mentimun ternyata disukai oleh kancil. Ini lagu hanya mengingatkan saja tentang buah mentimun. Buah yang berwarna hijau lonjong dan segar ini memang enak. Kita bisa membuat rujak mentimun dan buah buahan serta campuran pecel.

Aromanya segar dan rasanya kres-kres. Mentimun dimakan mentah juga enak. Buahnya sedikit manis dan berair. Apalagi kalau dapat yang muda dan besar. Semakin tua rasa mentimun kurang enak dibanding dengan yang muda.  
  
timun, mentimun
    
Nama latin mentimun adalah Cucumis sativus. Pohonya menjalar dan umurnya hanya sebentar. Para petani timun biasanya hanya bisa memanen tidak lebih dari tiga kali sekali tanam. Pohon mentimun tidak memerlukan air menggenang akan tetapi harus mendapat penyiraman setiap hari, seperti juga pohon semangka.

Mentimun mengandung banyak kandungan gizi. Yang paling menarik adalah kandungan silica yang bagus untuk perawatan kulit. Mentimun juga mengandung vitamin A, B, dan C. Mentimun juga memiliki banyak mineral seperti kalium, potassium , mangan, magnesium, dan silica.



Apa manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh kita? Mentimun mempunyai sifat diuretic atau mempunyai sifat mendinginkan. Kalau anda mengkonsumsi mentimun baik di jus atau dimakan mentah badan akan terasa segar.

Mentimun bagus untuk melancarkan pencernaan, dan mengurangi resiko dehidrasi. Kandungan serat yang tinggi mampu membuang racun yang ada pada saluran pencernaan. Kandungan potasium dan magnesium bagus menurunkan tekanan darah. Mentimun juga bagus menjaga kesehatan ginjal anda.

Mentimun djuga bisa membunuh cacing. Mentimun juga bagus bagi penderita diabetes. Mentimun mengandung enzim erepsin yang bisa memecah protein. Dibidang perawatan kulit dan kecantikan, mentimun sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Sudah banyak perusahaan besar yang menggunakan extract mentimun sebagai bahan dasar produk kecantikan yang mereka keluarkan. Anda bisa mendapatinya di rak-rak di supermarket produk kecantikan dari mentimun mulai dari perawatan rambut, kulit dan wajah.

Dengan menkonsumsi jus mentimun atau memakanya langsung anda telah menjaga kesehatan anda tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan. Apabila anda makan –makanan yang berlemak jangan lupa sertakan irisan mentimun dalam menu anda. Beberapa iris mentimun yang anda kunyah akan menetralkan lemak yang anda konsumsi.

1 Response to "manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh kita "

  1. wahh,, ternyata banyak sekali ya mas manfaatnya... salut deh.. :)

    BalasHapus