manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh kita

Bawang merah biasanya diiris, di uleg atau di jadikan bawang goreng. Ada sebagian orang yang mengunyah bawang merah mentah-mentah. Bagaimana rasanya? Kalau mau tahu rasanya , cobalah ketika anda makan sate, disitu ada irisan bawang mentah, makan saja bawangnya saya yakin akan lebih nikmat makan satenya.

Kalau memasak sop tanpa taburan bawang goreng pastilah rasa sop itu ada yang kurang. Memang bumbu dapur yang satu ini di gunakan di hampir setiap masakan nusantara. Coba masak apa yang tidak pakai bawang merah. Pantas saja harga bawang merah pada saat bulan puasa sekarang (1434) melambung tinggi seperti emas.
   
bawang merah

Bawang adalah jenis umbi. Nama latin bawang merah adalah Allium cepa. Selain umbinya daun bawang merah juga bermanfaat bagi keseahatan. Orang jawa mengenal menyebut bawang merah dengan nama brambang. Tanaman ini banyak di tanam di daerah yang sedikit berpasir, seprti daerah Brebes, Jawa Tengah.

Apa saja manfaat bumbu yang berbau menyengat dan menyebabkan orang yang mengiris bawang itu menangis? Berikut diantara manfaatnya;

Bawang merah mengandung senyawa yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Senyawa alliin dapat menjadi antiseptic. Bawang merah juga mengandung hormon alami auksin dan giberelin. Kandungan lain bawang merah adalah Vitamin C , B1, Kalium, serat, asam folat zat besi dan kalsium serta masih banyak lainya.

Masyarkat menggunakan bawang merah untuk mengobati berbagai macam penyakit diantaranya; untuk mencegah kanker, mengurangi sakit telinga dengan meneteskan jus bawang merah di telinga atau memasukan kapas yang dibasahi jus bawang merah. Bawang merah untuk obat sakit perut, anemia, diabetes, radang paru-paru, dan masih banyak lagi.

Begitu banyaknya manfaat bawang merah dan masyarakat secara empiris telah menggunakan dan membuktikan manfaatnya untuk pengobatan. Namun demikian secara klinis atau medis para pakar harus meneliti dan mengembangkan extract bawang merah, agar masyarakat umum bisa mendapatkan manfaat yang banyak dari tumbuhan yang satu ini.

0 Response to "manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar