manfaat kacang ijo atau hijau bagi kesehatan tubuh

Ingat kacang ijo ingat ketika masih kanak-kanak. Saya dan ibu saya pergi ke posyandu untuk ditimbang, saya merasa malas , tetapi setelah dibilanging nanti dikasih bubur kacang ijo barulah saya bersemangat. Kacang ijo adalah makanan suplemen super gizi baik untuk anak-anak dan dewasa. Di kamp militer pun menu kacang ijo tidak ketinggalan. Entah ada kandungan apa saja sehingga disetiap acara atau program peningkatan gizi tidak ketinggalan kacang bubur kacang ijo.


   
kacang hijau, kacang ijo, mung bean, green bean



Kacang ijo termasuk jenis tanaman polong-polongan yang masih saudara dengan kedelai yang juga punya sekontainer gizi didalamnya. Ooh iya, perlu diingat mengkonsumsi kacang ijo tidak boleh terlalu matang karena beberapa kandugan gizinya akan hilang atau rusak. Air rebusan kacang ijo juga jangan dibuang karena disitu juga banyak terdapat kandungan nutrisi yang tidak sedikit.





Nama latin kacang ijo adalah Phaseolus radiatus. Bahasa inggris kacang ijo adalah mung bean atau green bean. Tanaman ini termasuk keluarga fabeceae atau polong-polongan. Bjinya berwarna hijau , lebih kecil dari kedelai dank eras. Pada warna hijau kulit bijinya terdapat banyak nutrisi selain didalam bijinya sendiri.



Kandungan nutrisi kacang ijo banyak sekali diantaranya ; Vitamin A, vitamin C , Vitamin B kompleks, karbohidrat, kalsium, lemak tak jenuh, zat besi, asm folat, fosfor , serta protein dan lainya.



Manfaat kacang ijo secara umum dan sudah dirasakan oleh banyak orang adalah sebagai berikut;

Kacang ijo mampu menurunkan kolesterol karena mengandung lemak tak jenuh. Kacang ijo bisa mencegah kanker usus karena kacang ijo kaya akan serat alam. Kandugan protein bagus sekali untuk masa pertumbuhan pada anak-anak. Vitamin A pada kacang ijo bagus untuk kesehatan mata serta melindungi kesehatan kulit. Kandugan Vit B dengan asam folatnya serta zat besinya sangat baik untuk ibu hamil.



Bagi penderita diabetes kacang ijo adalah makanan yang disarankan karena rendah glikemik. Kacang ijo mengandung isoflavin yang bisa mengontrol hormon setelah menopause. Serat yang tinggi akan memperlancar pencernaan. Mencegah anemia dengan adanya zat besi , serta zinc pada kacang ijo bisa menjaga keseimbangan hormone kelenjar. Ada juga kandungan mangan yang baik untuk mengolah karbohidrat dalam makanan. Kacang ijo sebagai pembentukan sel-sel tulang karena banyak kalsium dan fosfor serta sebagai antioksidan.



Kalau mau di bikin sebuah buku yang tebal membahas kacang ijo kayaknya juga tidak cukup satu buku. Maka dari itu jangan ragu-ragu untuk makan bubur kacang ijo sebagai menu sarapan pagi atau penutup makan siang anda.

1 Response to "manfaat kacang ijo atau hijau bagi kesehatan tubuh"

  1. Informasinya bagus sob buat nambah pengetaqhuan tentang manfaat kacang ijo. terimakasih banyak sob

    BalasHapus