manfaat kentang bagi kesehatan tubuh kita

Umbi yang satu ini sangat mudah dan sangat baik untuk kesehatan. Kentang juga banyak digunakan untuk perawatan kecantikan. Bahasa inggrisnya adalah potato. Varian makanan hasil olahan kentang juga banyak dan lezat. Sayur yang berupa umbi ini ternyata rendah kalori dan bebas lemak.

Selain karbohidrat, kandungan lainnya memiliki serat, air, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Juga kaya akan vitamin, niasin atau vitamin B3 yang baik untuk memperlambat penuaan pada kulit wajah dan dapat melembutkan dan memutihkan kulit.

Nama latin kentang adalah Solanum tuberosum. Sebagian orang Eropa menjadikan kentang sebagai makanan pokok. Di Indonesia sendiri sudah banyak industry baik rumahan maupun skala besar yang memanfaatkan kentang sebagai bahan baku produk mereka, diantaranya keripik kentang, kentang goreng rasa, donat kentang dan lainya.   

 
kentang, potato


Kenapa orang tertarik untuk mengolah kentang menjadi aneka produk makanan? Jawabanya sederhana karena rasa yang enak dan kandungan gizi yang tinggi. Tak ayal lagi , produk varian dari bahan baku kentang semakin banyak di temui di pasaran.

Ngomong –ngomong apa saja sih kandungan gizi yang ada umbi yang satu ini? Dari 100 gr kentang terdapat energy 83 kkal. Kentang mengandung protein sebesar 2g, lemak 0,1 g, karbohidrat 19,1 g, kalsiumnya lumayan yaitu 11 mg, fosfor 56 mg, zat besi 1 mg, Vitamin B1 0,11 mg, vitamin C 17 mg. zat lainya adalah potassium, vitamin B2 dan B 3, Karotenoid .

Apa manfaat kentang itu sendiri? Kentang mengandung serat alam yang baik untuk menjaga system perncernaan. Kentang juga bagus bagi orang yang sedang diet karena rendah lemak. Kandungan potassium pada kentang bisa membersihkan kolesterol yang mengendap pada saluran darah, serta bisa digunakan sebagai bahan pelembut kulit. Makanya mungkin anda pernah menjumpai masker kentang. Namun demikian penderita diabetes tidak dianjurkan mengkonsumsi kentang memiliki indeks glikemik lebih tinggi daripada nasi. Makanan yang mempunya glikemiks tinggi tidak baik bagi kesehatan jantung dan bisa meningkatkan kadar gula. (menurut dr. Diani Adrina, SpGk ahli gizi dari RZ Mitra Kemayoran).

0 Response to "manfaat kentang bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar