pedas cabe punya banyak manfaat

Apakah anda pernah mendengar tobat sambal? Tobat sambal adalah rasa enggan untuk makan sambal karena pedasnya, tetapi lain waktu ketika melihat sambal dimakan lagi sambal yang pedas itu. Sambal pedas karena adanya cabe yang di ulek. Rasa yang pedas ternyata tidak membuat orang menjadi jera untuk memakanya , justru membuat orang semakin ketagihan. Cobalah anda makan bakso yang gurih tetapi tidak pakai sambal, ada yang kurang rasanya.

Konon cabe masuk ke Indonesia dan Asia dibawa oleh Ferdinand Magellan, seorang pelaut Portugis. Di India cabe telah dikonsumsi sebagai makanan dan obat-obatan sejak tahun 1498. Nama latin cabe adalah Capsicum annum( cabe merah), Capsicum frutescens ( cabe rawit) sedang kalau di sunda cabe rawit kecil disebut cengek.
 
chilli, cabe merah, cabe

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada cabe sangat melimpah. Di dalam cabe terdapat Vitamin A, B1,B2, C, kalsium,fosfor,serat, besi,karbohidrat,niasin betakaroten, asam folat, capsaicin, flavenoid, capsisidin, minyak essensial dan capsikol.

Adapun manfaat cabe banyak sekali, berikut beberapa khasiat yang dimiliki oleh buah yang pedas ini.

Cabe akan membuat orang merasa bahagia. Efek dari capsaicin yang pedas memacu peningkatan hormone endorphin. Meningkatnya hormone endorphin membuat orang merasa bahagia dan tenang. Jika mereka merasa tenang dan bahagia secara psycologis menambah nafsu makan. Jadi kalau anda makan dengan sambal anda akan makan lebih lahap dan lebih banyak.

Wah bahaya nih, nafsu makanya bertambah otomatis porsi makan bertambah. Bisa kegemukan nih, jangan kuatir sifat capsaicin pada cabe dapat meningkatkan proses metabolism, sehingga lemak akan mudah terbakar. Ada penelitian menyatakan bahwa pembakaran lemak meningkat hingga 25 % selama 3 jam sejak mengkonsumsi cabe.

Mengkonsumsi cabe bisa meningkatkan produksi insulin hingga 60%. Ini berarti bisa membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Vitamin C dan betakaroten cabe bisa bisa mencegah kanker usus dan mencegah penuaan dini. Cabe bisa menurunkan rasa nyeri sendi dan menghilangkan stress. Bagi para perokok mengkonsumsi cabe bisa membantu menghancurkan sisa nikotin di dalam darah dengan vitamin A cabe, racun nikotin bisa sedikit demi sedikit dinetralkan. Vitamin B nya akan memperlancar sirkulasi darah dan mencegah stroke.



Cabe meskipun pedas tetapi banyak sekali manfaatnya. Jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsio buah kecil nan imut ini sebagai sambal ataupun sebagai ceplusan saat anda makan bakwan atau tahu isi.

0 Response to "pedas cabe punya banyak manfaat"

Posting Komentar