manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh kita

Waloh Jipang biasanya orang jawa tengah menyebuntya. Nama ilmiah labu siam adalah Sechium edule. Jipang atau labu siam ini adalah sayuran buah. Pohonya merambat dan mudah dibudidayakan. Dalam bahasa inggris disebut chayote. Buah sayur ini mudah kita jumpai baik di pasar traditional maupun supermarket karena sayuran mudah tumbuh di tanah yang subur. Sekilas melihat buah ini , rasa-rasanya ingin memakanya mentah –mentah, tetapi buah ini tidak enak dimakan mentah.



Kandugan nutrisi buah sayur ini banyak sekali. Dari 100 gr labu siam mengandung Energi Labu Siam = 26 kkal, Protein 0,6 gr, lemak 0,1 gr, karbohidrat 6,7 gr, kalsium 14 mg, Fosfor 25 mg, Zat Besi 1 mg, Vitamin A 20 IU, Vitamin B1 0,02 mg, Vitamin C 18 mg. serta kandugan serat alami mencapai 1,7 gr. Labu siam juga mengandung asam folat. Labu siam juga mengandung Niasin atau B3.
 



Manfaat labu siam untuk kesehatan ternyata tidak sedikit. Labu siam bisa mengurangi resiko kanker usus karena tingginya serat. Serat alami labu siam bisa melancarkan pencernaan sehingga radikal bebas yang menempel pada usus mudah dikeluarkan oleh tubuh. Adanya asam folat pada labu siam tentunya baik buat ibu hamil. Niasin bisa menurunkan kolesterol.

Cara memasak labu siam sebenarnya mudah. Anda bisa menumis, merebus untuk lalapan, serta memasaknya dengan santan seperti opor labu siam dengan tahu atau gulai labu siam dengan ayam. Rasanya juga tidak kalah dengan gulai nangka.

1 Response to "manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh kita "