manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan tubuh kita

Belimbing sayur atau belimbing wuluh adalah buah yang berwarna hijau dan rasanya asem. Bentuknya tidak seperti belimbing biasa yang membentuk bintang akan tetapi lonjong. Belimbing wuluh biasanya digunakan sebagai bumbu masak atau campuran pembuatan herbal.

Nama latin belimbing wuluh adalah Averrhoa bilimb. Belimbing wuluh mudah tumbuh di daerah tropis. Kalau di daerah Jakarta dan Bekasi belimbing wuluh banyak dijadikan tanaman penyejuk yang ditanam di depan rumah. Banyak warga perumahan yang menanam tanaman ini di depan rumah mereka.
 
belimbing wuluh, averrhoa bilimb
http://advaya2008.blogspot.com
  


Pemanfaatan buah belimbing sayur secara komersial masih sangat langka, baik sebagai olahan makanan atau minuman maupun dalam bentuk herbal atau extrak. Buah yang asam ini kadang – kadang terabaikan oleh masyarakat kita. Lihat saja di perumahan –perumahan di Jakarta dan Bekasi, pohon belimbing yang begitu banyak buahnya kadang hanya dibiarkan sehingga buahnya membusuk dan jatuh berguguran di tanah.

Apa sih kandugan gizi belimbing wuluh? Kenapa buah ini terabaikan? Apakah karena rasanya yang sangat asem sehingga belimibing ini tidak enak untuk dikonsumsi secara langsung seperti belimbing biasa yang sering kita jumpai.

Kandungan Gizi Belimbing sayur, setiap 100 g bagian yang bisa dimakan adalah kadar air 94,2-94,7 g, Protein 0,61 g, debu 0,31-0,40 g, serat 0.6g, Fosfor 11.1 mg, 3.4 mg Kalsium, Besi 1,01 mg, Thiamine 0,010 mg, Riboflavin 0,026 mg, Karoten 0,035 mg, asam Ascorbic 15,5 mg dan Niacin 0,302 mg. Adapun manfaat yang secara umum bisa diperoleh sesuai dengan nutrisi yang ada. Manfaat sebagai herbal belum saya dapati dari kumpulan tulisan yang saya cari. Hanya ada cara pengobatan dari belimbing wuluh namun saya meragukan kemanjuranya. Saya juga jarang mendapati dari orang –orang tua tentang pengobatan dengan belimbing wuluh ini. Jika anda punya pengalaman mengobati dengan belimbing wuluh silahkan kirim artikel anda di sini abbaasahmad@live.com . saya akan sertakan link pada artikel anda.

0 Response to "manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar