manfaat kecipir bagi kesehatan tubuh kita

Kecipir mempunyai biji yang disebut botor. Tanaman ini biasa ditanam sebagai tanaman penyela ketika saya masih kecil. Jarang sekali para petani di desa saya menanam kecipir secara komersial, dengan berkebun kecipir secara masal.

Kecipir termasuk keluarga polong-polongan. Pohonya merambat. Nama latin kecipir adalah Psophocarpus tetragonolobus. Bahasa inggrisnya kecipir adalah Winged bean.  Konon kandungan protein biji kecipir menyamai kedelai. Namun orang lebih banyak memanfaatkan kecipirnya untuk dimasak dibanding memanfaatkan bijinya. Tanaman cipir bagus sebagai pengikat nitrogen dan dapat menyuburkan tanah. Seperti saudara-saudaranya dari keluarga polong –polongan. Akar tanaman polong-polongan biasanya berbintik-bintik yang merupakan pengikat nitrogen yang membantu menggemburkan tanah.    

kecipir, cipir, winged bean
http://komunitascintatanaman.blogspot.com
  

Kali ini saya akan membahas manfaat buah muda kecipir sebagai sayuran. Di dalam 100 gram buah muda kecipir terdapat energy sebasar 35 kilokalori, karbohidrat 5,8 gram, protein 2,9 protein, dengan rendah lemak 0,2 gram, kalsium 63 miligram, fosfor 37 miligram. Selain mineral kecipir muda mengandung Vitamin A 595 IU, Vitamin B1 0,24 miligram, dan Vitamin C 19 miligram. Buah kecipir muda hanya sedikit mengandung zat besi atau hampir tidak ada.

Adapun manfaat yang bisa diperoleh secara umum sesuai dengan kandugan nutrisi yang ada. Saya tidak mendapati manfaat secara kusus dari kecipir muda ini. Saya malah mendapati banyak manfaat dari biji kecipir tua itu sendiri tapi belum sempat saya ringkas dari rekan-rekan blogger article tentang manfaat biji kecipir.

0 Response to "manfaat kecipir bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar