salak mempunyai banyak vitamin dan manfaat

Sewaktu kecil saya dan teman-teman suka main tebak –tebakan. Begini tebakanya “ opo sego sekepel dirubung tinggi? “ jawabanya adalah “salak”. Artinya apa nasi sekepal yang dikerumuni kutu? Jawabanya adalah salak. Saya teringat tebakan tersebut ketika saya akan mengulas manfaat salak bagi kesehatan ini.

Salak tumbuh sebagai tanaman perdu. Nama latin adalah Salacca edulis. Salak Pohonya berduri, daunya mirip daun pohon palm atau kelapa tetapi ukuranya lebih kecil. Buahnya bergerombol berwarna hitam dan keras. Di dalam kulit yang berbentuk seperti kutu bergerombol ini ada daging buah berwarna putih yang ternyata banyak mengandung nutrisi yang baik buat tubuh kita.  

salak, salak pondoh, zalacca


Kalau lagi beruntung anda akan mendapati salak yang manis tapi jika tidak anda mungkin mendapati salak yang sepat. Sekarang telah banyak produksi salak pondoh yang rasanya manis meskipun masih muda. Salak ini banyak dikembangkan di daerah Jogja dan Jawa tengah. Selain rasa yang sepat ternyata buah salak juga memiliki kandungan gizi yang banyak. Dari 100 gr buah salak mengandung energi sebesar 368 kilokalori, lemak 0,4 gram, kalsium 38 miligram, fosfor 31 miligram, protein 0,8 gram, karbohidrat 90,3 gram, dan zat besi 3,9 miligram. Ada juga vitamin C sebesar 8,4 miligram di dalam buah salak. Ada juga potassium , betakaroten,tanin dan pectin di dalamnya.

Manfaat salak secara umum adalah sebagai berikut. Kandugan potassium membantu meningkatkan kinerja otak. Didalam salak juga ada pectin yang bisa mencegah kanker prostat. Betakaroten yang ada pada salak bisa menjaga kesehatan mata. Kalau anda makan salak jangan dibuang kulit arinya karena di dalam kulit ari itulah terdapat serat yang bisa mencegah sembelit dan membantu system pencernaan tubuh. Kalau anda diare cobalah mengkonsumsi salak karena di dalam buah salak terdapat zat yang disebut tanin sebagai antidiare.

0 Response to "salak mempunyai banyak vitamin dan manfaat "

Posting Komentar