apa saja khasiat lobak?

Sebagian orang mungkin jarang makan sayuran ini. Saya sendiri belum pernah memasak sayuran ini. Di pasaran sayur keliling juga jarang tersedia. Meskipun agak susah atau jarang ada ditukang sayur kecil namun sayuran ini pasti tersedia dipasar baik di pasar traditsional atau supermarket. Nama latin lobak adalah Raphanus sativus. Bahasa inggris lobak adalah radish.



Sayurnya berbentuk lonjong dan berwarna putih. Sayuran ini kelihatan segar. Bentuknya seperti wortel. Tanaman ini asalnya dari negeri tirai bambu atau Cina. Di Indonesia sendiri para petani sayur yang mengembangkan sayuran ini belum banyak. Ada sebagian petani di daerah pengalengan ( bandung) cipanas ( bogor/ cianjur) dan bedugul ( bali). Berarti tanaman lobak cocok di daerah dingin.

    
radish, lobak
http://epetani.deptan.go.id


Nutrisi yang dimiliki oleh lobak cukup banyak. Lobak adalah sumber karbohidrat, gula, serat, protein dan sedikit lemak. Ada beberapa vitamin B yang ada pada lobak diantaranya thiamin ( B1), riboflavin ( B2), Niacin (B3) , asam pantotenat ( B5) , asam folat (B9) dan B6. Lobak juga mengandung vitamin C ,E, K dan beberapa mineral diantarnya kalsium, besi, magnesium, fosfor , seng, tembaga dan kalium.

Secara umum lobak bisa digunakan sebagai obat gangguan ginjal, obat batuk, dan demam. Kandungan vitamin K lobak baik sekali sebagai anti inflamasi. Asam folat yang ada bagus bagi ibu hamil. Ada senyawa Glucosinolates pada lobak yang berfungsi sebagai anti kanker. Glucosinolates adalah senyawa kimia yang akan memecah dirinya menjadi dua yaitu indoles dan isothiocyanates. Kedua senyawa ini bertindak sebagai anti tumor dan menghilangkan sel-sel kanker. Sebagai sumber vitamin A,C dan E tentunya lobak tidak diragukan lagi bisa menjadi antioksidan alam yang baik.

0 Response to "apa saja khasiat lobak? "

Posting Komentar