kacang kedelai jenis biji dengan berbagai macam olahan mempunyai segudang nutrisi

Kedelai termasuk biji-bijian yang mempunyai sejuta manfaat. Dengan kandungan nutrisi yang segudang kedelai bisa bersaing dan mungkin bisa mengungguli kacang hijau, kacang tanah dan kacang –kacangan lainya. Beberapa produk olahan kedelai pun juga mempunyai khasiat yang berbeda-beda dan menghasilkan nutrisi yang berbeda pula dari biji asalnya. Berikut beberapa produk olahan kedelai yang terpopuler. Kedelai bisa diolah menjadi tempe, tahu, susu kedelai dan kecap. Semua produk olahan kedelai punya keistimewaan sendiri. Bagai mana menurut anda siapakah yang menjadi juara kedelai, kacang hijau, kacang tanah atau kacang merah? Silahkan anda menjadi jurinya.

Nama latin kedelai adalah Glycine Max. Bahasa inggris kedelai adalah soya bean. Tanaman ini tidak memerlukan genangan air. Sewaktu kecil para petani di desa saya menanam kedelai ketika mulai musim kemarau. Mereka membuat lobang di sawah dengan tongkat kayu atau disebut monjo. Kemudian lobang yang berjarak kira-kira 10 cm itu di taburi dengan satu butir kedelai. Setelah semua lobang terisi dengan kedelai, para petani menutup lahan menabur kedelai tadi dengan jerami dan membakar jerami tersebut. Setelah dua atau tiga hari kecambah kedelai akan tumbuh. Apabila terkena hujan deras dan menggenangi lahan, kecambah tadi akan rusak dan dipastikan tumbuhan kedelai akan tumbuh buruk. Jadi tanaman kedelai hanya memerlukan sediki air. Tanah yang basah tetapi tidak sampai becek sudah cukup dan tidak perlu disiram.

Kedelai adalah sumber protein nabati yang tinggi. Protein kedelai lebih tinggi dibandingkan kacang hijau, beras, jagung, dan telur ayam. Hanya dengan 160 gram kedelai keperluan protein tubuh anda tercukupi setiap hari.
   
soya bean, kedelai, kacang kedelai
http://eemoo-esprit.blogspot.com

Berikut kandugan gizi kedelai. Selain protein, kedelai mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B Komplex, E, C, dan air. Ada delapan asam amino essensial pada olahan susu kedelai yaitu ; lisin, triptopan, fenilalanin, leusin, isoleusin,treonin, metionin, dan valin. Selain asam amino essensial dalam susu kedelai mengandung asam amino non essensial yaitu metionin, sistin, treonin, arginin, histidin, alanin, asam aspartat, asam glutamate, glisin, prolin dan serin. Kandungan asam amino essensial susu kedelai mirip dengan susu sapi jadi susu kedelai bisa menjadi pengganti susu sapi.



Selain segudang nutrisi yang diatas tadi, kedelai juga mengandung isoflavon. Sebuah zat yang bisa melawan kanker seperti kanker payudara, dan prostat. Zat isofavon pada kedelai mampu mengangkal radikal bebas akibat polusi dan asap rokok. Selain sebagai antioksidan isoflavon kedelai sangat baik untuk melancarkan proses metabolisme, memperkuat tulang, menstabilkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah dan masih banyak lagi. Selain isoflavon ada zat namanya polisakarida yang mampu mengendalikan kadar gula darah. Sehingga bisa mengatasi gejala diabetes.

Kalau mau bicara produk olahan yang lain seperti tempe dan tahu wah kayaknya akan menjadi puluhan buku besar. Buktinya banyak literature di perpustakaan baik di dalam maupun luar negeri yang membahas kacang yang satu ini. Yang satu ini entah benar atau tidak “ katanya dulu presiden kita yang paling lama memimpin negeri ini, di dalam setiap menu makanya harus tersedia tempe goreng” Luar biasa yah manfaat kedelai

0 Response to "kacang kedelai jenis biji dengan berbagai macam olahan mempunyai segudang nutrisi"

Posting Komentar