manfaat ketumbar bagi kesehatan tubuh kita

Biji ketumbar bentuknya mirip sekali biji lada. Sekilas bentuk ketumbar tidak ada bedanya dengan lada tetapi lada lebih keras dan lebih besar sedikit. Dari aromanya juga berbeda sehingga sangat mudah dibedakan antara ketumbar dengan lada.

“ tumbar miri jahe” begitulah ungkapan sebuah parodi lagu india. Meskipun kecil ketumbar salah satu bahan atau bumbu dapur yang sangat dibutuhkan. Hampir semua toko bumbu menyediakan biji yang kecil ini.

Nama latin ketumbar adalah Coriandrum sativum. Sedang dalam bahasa inggris ketumbar disebut coriander. Di dunia barat minyak ketumbar digunakan untuk membunuh 12 bakteri, bahkan bisa membunuh bakteri yang tahan terhadap anti biotik. Minyak ketumbar merusak selaput yang mengelilingi bakteri dan mengganggu respirasi sehingga bakteri lama-kelamaan akan mati.
ketumbar, coriander
oursimplegarden.blogspot.com
    
Sedangkan di Indonesia dan Negara asia lainya ketumbar paling banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Saya belum pernah mendapati dipasaran olahan minyak ketumbar. Apakah anda pernah? Untuk masa mendatang para peneliti kayaknya layak untuk membawa biji yang kecil-kecil ini ke laboratorium untuk dibuat sebuah produk antibiotik alam. Saya kira semua orang setuju dengan ide saya.

Ada manfaat yang bisa diperoleh dari ketumbar ini walaupun belum kita dapait extract ketumbar yang sudah dikemas. Ketumbar bisasanya digunakan sebagai peluruh kentut, peluruh asi dan penambah nafsu makan, pereda masuk angin dan influenza. Caranya bagaimana? Ini adalah tugas anda untuk mencari. Saya hanya menginformasikan secara umum adapun resep ketumbar sebagai herbal pastilah telah ditulis oleh para herbalist baik di dalam maupun luar negeri.

Kandungan yang ada ketumbar adalah sebagai berikut. Beberapa diantaranya adalah a- rpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehidasabinene, myrcene, , trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, , felandren, p-simena, dan kamfena. Nama senyawa yang aneh-aneh. Saya juga tidak paham apa senyawa ini. Sebagai kesimpulan, ketumbar yang selama ini hanya dianggap sebagai biji –bijian sebagai rempah rempah ternyata mempunyai banyak manfaat dan bisa dijadikan obat. Adapun caranya mari kita cari sama – sama dan bagikan pengalaman anda kepada teman, saudara dan handai tolan tentang manfaat ketumbar sehingga kita semua bisa mendapatkan alternative pengobatan yang alami dan murah.

0 Response to "manfaat ketumbar bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar