benarkah kedondong bermanfaat obati sakit batuk

Biasa kalau teman kita bercanda apa sih obat batuk yang paling mujarab? Teman kita akan menjawab cobalah menelan biji kedondong. Anda tahu sendiri bukan? Seperti apa biji kedondong itu. Bijinya bulat dan dikelilingi serabut seperti akar kayu yang keras.

Makanan olahan kedondong sebenarnya bermacam-macam. Kedondong bisa dibuat manisan atau rujakan. Daging buah kedondong cukup tebal. Kedondong muda rasanya asam dan kedondong tua rasanya agak manis dan sedikit asam.

Nama latin kedondong adalah Spondias dulcis forst. Bahasa inggrisnya kedondong adalah ambarella, otaheite apple, atau great hog plum. Tanaman ini asalnya dari Asia. Di Indonesia pohon kedondong bisa tumbuh subur. Daun kedondong muda rasanya asam. Daun muda kedondong sebenarnya juga punya banyak manfaat buat kesehatan.
   
ambarella, kedondong
http://dodoolkedondong.wordpress.com

100 gran daun kedondong muda mengandung 540 mg kalsium , 82 mg fosfor, 6,2 mg besi, vitamin A 2900 IU, vitamin dan C 29 mg. Orang jaman dahulu menggunakan daun kedondong untuk obat koreng dan luka bakar.

Sedangkan kandungan gizi buah kedondong matang mengandung energi sebesar 41 kilokalori, karbohidrat 10,3 gram, lemak 0,1 gram, vitamin B1 0,08 miligram, kalsium 15 miligram protein 1 gram, , fosfor 22 miligram, dan zat besi 3 miligram, vitamin A sebanyak 233 IU, dan vitamin C 30 miligram.



Kandungan gula ( sukrosa) yang ada pada kedondong sangat bermanfaat sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Selain itu serat alam dan kandungan airnya yang cukup tinggi bagus sebagai pencegah dehidrasi dan pelancar pencernaan. Buah kedondong sebagai obat batuk ( bukan bijinya loh). Bagaimana caranya? Parut saja beberapa buah kedondong dan peras ambil airnya , tambahkan sedikit garam dan minum, semoga batuk anda hilang.

Dengan rajin menkonsumsi kedondong anda akan terhindar dari anemia serta membantu meremajakan kulit karena vitamin C yang tinggi. Selain itu vitamin C kedondong juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik.

0 Response to "benarkah kedondong bermanfaat obati sakit batuk "

Posting Komentar