manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita

Jahe sudah dikenal sejak lama sebagai herbal. Penggunaan jahe sebagai obat merupakan warisan nenek moyang kita sejak dahulu. Jahe dengan kandunganya senyawa yang bermanfaat telah dibuat ke berbagai macam produk olahan jahe, mulai balsam, dan minuman serta bahan tambahan obat-obatan lain.

Nama latin jahe adalah Zingiber officinale . Kebanyakan orang memanfaatkan umbi jahe daripada bagian pohon yang lain. Kalau anda minum wedang jahe rasanya pedas dan hangat. Itulah efek langsung yang bisa dirasakan ketikan mengkonsumsi jahe. Para ibu rumah tangga menggunakan jahe sebagai bumbu untuk berbagai macam masakan.
    
ginger, zingiber officinale, jahe

Apa sih kandungan senyawa atau nutrisi yang ada pada jahe? Setiap 100 gram jahe mengandung 51 kilokalori, karbohidrat 10,1 gram, lemak 1 gram, kalsium 21 miligram protein 1,5 gram, , fosfor 39 miligram, dan zat besi 2 miligram. Selain itu di dalam Jahe juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin C 4 miligram, dan vitamin B1 0,02 miligram. perlu diketahui rasa panas atau pedas pada jahe berasal dari senyawa kimia keton yang bernama zingeron dan oleoresin serta paradol.

Adapun manfaat sangat banyak. Beberapa penyakit bisa diatasi dengan jahe diantaranya ; rematik, sakit tenggorokan, flu atau demam, masuk angin, sembelit dan melancarkan pencernaan. Hanya dengan mengkonsumsi jahe dalam bentuk makanan pencernaan anda akan lancar dan sehat. Kalau anda suka masuk angin cobalah minum jahe hangat dengan susu atau susu jahe.

Anda juga bisa menggunakan jahe sebagai obat gosok atau balsam. Apabila anda merasa nyeri otot atau pegal –pegal cobalah parut beberapa gram jahe, kemudian campurkan parutan jahe dengan minyak kayu putih. Awas kalau kulit anda sensitif jangan coba-coba resep ini karena minyak kayu putih yang tidak terlalu panas menjadi terasa sangat panas di badan dengan campuran jahe. Untuk mengurangi rasa panasnya anda perlu mengurangi jumlah jahe yang anda campurkan pada minyak kayu putih.

0 Response to "manfaat jahe bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar