manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh kita

Nonton pertandingan sepak bola tidak lengkap tanpa kacang garing. Apalagi kalau nonton rame-rame tak terasa kulit kacang sudah berserakan. Ketika gol salah –salah bukan makan kacang yang sudah dikupas, kacang utuh atau kulit kacang ditelan juga.

Nama latin kacang tanah adalah Arachis hypogaea. Bahasa inggrisnya peanut. Kacang tanah termasuk keluarga polong-polongan. Tanaman kacang tanah tidak memerlukan genangan air dan curah hujan yang tinggi. Kacang tanah tumbuh baik ditanah perkebunan bukan persawahan dengan tektur tanah yang sedikit mengandung pasir.
 
kacang tanah, peanut

Kacang tanah memang kudapan yang pas untuk suasana rame-rame. Bentuknya yang kecil bisa dimakan bersama-sama. Banyak merek kacang garing yang cukup besar dinegeri ini. Perusahaan raksasa nasional telah mengambil kue keuntungan yang luar biasa dari kacang tanah.

Bagaimana kandungan gizi kacang tanah sendiri? Kacang yang bisa diolah menjadi berbagai makanan jadi seperti selai kacang, kacang garing, kacang bawang, peyek kacang, roti isi kacang dan lain-lain ini mempunyai nurtisi yang tinggi. Kacang tanah mengandung protein cukup tinggi, karbohidrat, dan yang tertinggi adalah lemak. Kacang tanah juga memiliki kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu di dalam Kacang Tanah juga mengandung vitamin B1, B3 dan B9.

Selain dari vitamin dan mineral tersebut kacang tanah mengandung triptofan. Triptofan adalah asam amino essesntial yang mempengaruhi produksi serotonin. Sedangkan serotonin adalah bahan kimia otak yang mengontrol suasana hati atau atau depresan. Makanya ketika anda berkumpul bersama teman-teman atau keluarga dan menikmati hidangan kacang tanah hilang deh segala permasalahan, anda akan merasakan kebahagaian dan kegembiraan. Kandungan niacin atau B3 pada kacang tanah juga baik untuk otak anda.

0 Response to "manfaat kacang tanah bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar