kacang merah bermanfaat sebagai sumber protein

Kacang merah yang satu ini merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi di dunia kacang –kacangan. Kacang merah besar disebut juga dalam bahasa inggris kidney bean sedang kacang merah kecil disebut adzuki bean. Kacang merah masih termasuk keluarga polong- polongan. Kacang merah ( common bean) nama latinya adalah Phaseolus vulgaris. Jenis kacang ini sebenarnya ada beberapa macam.

   
kacang merah, kidney bean


Kacang merah merupakan sumber gizi yang cukup baik jika dijadikan menu makanan anda. Kacang merah mengandung protein , karbohidrat, kalsium , asam folat, serta serat yang tinggi. Selain itu indeks glikemik kacang merah termasuk rendah sehingg aman bagi penderita diabetes.


   

Apa saja yang ada pada kacang merah? Ternyata salah satu keluarga polong-polongan ini kaya akan vitamin B9 dan B6, fosfor, mangan, besi, thiamin, protein, karbohidrat, dan serat. Asam amino yang ada pada protein kacang merah diantaranya adalah asam glutamate, asam aspartat, lysine, leucine, arginin, serine, phenylalanine, valine, isoleucine, proline , threonine , alanin, glycine, dan lainya.



Bicara manfaat? Tentu kita sudah tidak meragukan lagi manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh. Melihat nutrisi yang ada , anda sudah bisa menebak manfaat secara umum. Berikut paparan manfaat kacang merah untuk kesehatan.



Kacang merah mampu mencegah kolesterol jahat dan memperlancar saluran pencernaan. Serat yang tinggi inilah yang punya peran besar ditambah lagi kandungan omega 3 dan omega 6. Kalau anda bermasalah dengan gula kacang merah aman buat penderita diabetes karena indekx glikemik kacang merah rendah. Thiamin pada kacang merah akan menyeimbangkan fungsi saraf. Zat besi pada kacang merah bagus bagi penderita anemia.

0 Response to "kacang merah bermanfaat sebagai sumber protein"

Posting Komentar