hidup sehat dengan jeruk nipis dan air hangat setiap pagi

Meskipun rasanya asam, buah yang satu ini tetap dibutuhkan dan dicari. Banyak masakan yang menggunkan jeruk nipis. Jeruk nipis juga enak untuk campuran minuman seperti teh dan kelapa. Apakah anda pernah mencoba minuman jeruk nipis dengan kelapa muda atau teh jeruk nipis (lime tea)? Kalau pernah anda tentu bisa bercerita bagaimana rasanya.

Nama latin jeruk nipis adalah Citrus aurantifolia (Christm) atau Swing. Bahasa inggrisnya adalah lime. Jeruk nipis termasuk keluarga jeruk-jerukan (Rutuceae).

Kalau anda bingung bagaimana caranya menghilangkan bau amis ikan anda tinggal peras beberapa iris jeruk nipis. Hilang deh bau amis ikan. Buat anda yang suka makan soto, pastilah tidak ketinggalan jeruk nipis. Makan soto tanpa jeruk nipis kurang segar rasanya. Kalau anda perhatikan ada orang yang suka soto dengan rasa yang asem sekali. Orang ini biasanya akan menambahkan perasan jeruk nipis cukup banyak ke dalam sotonya.
lime, jeruk nipis
   
Jeruk nipis sendiri mempunyai banyak senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ada minyak limonene dan linalool. Jeruk nipis juga sumber antioksidan seperti flavonoid. Jeruk nipis juga mengandung poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Sedang jeruk yang sudah tua dan matang mengandung synephrine dan N-methyltyramine. Jeruk nipis juga mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1, dan C.

Apakah anda tahu manfaat jeruk nipis? Nenek kita biasa mengobati batuk dengan perasan jeruk nipis dan kecap. Berikut ini adalah pengalaman pribadi saya sehingga saya berani merekomendasikan anda mencobanya. Waktu itu saya mendengar siaran radio yang membahas kesehatan , kebetulan topiknya adalah jeruk nipis. Saya lupa siapa pembicaranya. Begini ceritanya. Di radio disebutkan bahwa jeruk nipis bisa digunakan sebagai obat maag den detoksifikasi atau anti racun. Bagaimana caranya? Anda cukup memeras seperempat irisan jeruk nipis kemudian tuanglah dengan air panas. Minumlah perasan jeruk nipis tersebut setiap pagi anda bangun tidur sebelum anda makan atau minum apapun. ( sebelum minum atau sebelum makan apapun).

Waktu itu saya bertanya –tanya benarkah demikian? Kemudian saya mencobanya karena saya mempunyai penyakit maag. Saya minum setiap pagi sebelum makan dan minum perasan jeruk nipis dan air panas. Pertama kali minum yang saya rasakan adalah saya langsung ingin bersendawa. Setelah bersendawa perut saya terasa lega. Tak lama setelah itu perut terasa lapar. Karena lapar ya saya makan dengan lahap pagi itu. Keseokan harinya saya rasakan hal yang sama. Setelah beberapa hari saya merasakan maag saya sudah berkurang. Perut sudah terasa lebih nyaman. Saya mengkonsumsi jeruk nipis hampir dua bulan lamanya dan hasilnya sekarang maag saya benar-benar sembuh.

Setelah itu saya berhenti minum jeruk nipis hanya kadang –kadang saja saya meminumnya. Sebenarnya meminum perasan jeruk nipis tiap pagi juga bagus untuk membuang racun tubuh atau detoksifikasi. Itulah sekilas pengalaman saya tentang jeruk nipis. Kalau anda tidak percaya tanyakanlah kepada dokter atau ahli kesehatan , mereka pastinya akan merekomendasikan mengkonsumsi perasan jeruk nipis tiap pagi sebelum makan dan minum untuk mengobati sakit maag dari pada anda mengkonsumsi obat maag dalam jangka waktu yang panjang. Teman saya juga mendapat rekomendasi dari dokternya setelah terkena maag akut dan hasilnya sekarang sudah sembuh total sakitnya.

1 Response to "hidup sehat dengan jeruk nipis dan air hangat setiap pagi "