apa yang bisa diperoleh dari jantung pisang

Pohon bisang adalah pohon dengan sejuta manfaat. Hampir semua bagian pisang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah jantung pisang. Jantung pisang adalah bunga pisang. Jantung pisang berbentuk seperti kerucut berwarna ungu. Orang jawa sudah lama memanfaatkan jantung pisang sebagai sayuran.


Nama latin pisang itu sendiri adalah Musa acuminata, musa paradisiaca dan ada nama lain tergantung jenisnya. Didalam bahasa inggris jantung pisang disebut banana blossom. Ternyata jantung pisang ini sudah dimanfaatkan oleh orang –orang di belahan dunia ini.
 
jantung pisang, banana blossom
http://ganestiaraw.blogspot.com



Kandungan nutrisi bunga pisang ini ternyata banyak sekali. Di dalam jantung pisang terdapat potassium, vitamin A, C dan E, fosfor dan kalsium. Jantung pisang juga sumber protein dan serat. Bunga ini juga mengandung saponin yang berfungsi menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah kanker. Jantung pisang juga mengandung flavonoid yang berfungsi anti radikal bebas, anti kanker dan anti penuaan. Selain itu juga terdapat yudium yang bisa mencegah penyakit gondok.



Namun tidak semua jantung pisang enak dimakan. Hanya ada beberapa yang enak dikonsumsi diantaranya adalah jantung pisang kapok dan pisang klutuk. Kalau jantung pisang ambon tidak enak , terlalu banyak getah yang terlalu banyak dan agak pahit. Saya ingat sewaktu kecil suka makan jantung pisang mentah-mentah dengan cara di rujak bebek. Jantung pisang kapoklah yang paling enak.

1 Response to "apa yang bisa diperoleh dari jantung pisang"