manfaat jagung bagi kesehatan tubuh kita

Kali ini saya mengangkat biji-bijian. Salah satunya adalah jagung. Namun bukan jagung pipil yang saya maksud. Jagung mudalah yang akan saya bicarakan. Tentulah anda pernah makan jagung bakar, rebus atau jagung panggang aneka rasa. Hanya jagung muda yang bisa diolah menjadi makanan seperti yang baru saya sebutkan.

Perlu diingat rambut jagung sendiri punya manfaat bagi kesehatan. Nah bagiamana memaksimalkan manfaat jagung manis atau jagung muda untuk kesehatan? Hal yang penting disini saya tekankan jangan sepelekan air rebusan jagung muda atau jagung manis.

Jagung dalam bahasa inggris disebut corn sedang nama latinya adalah Zea mays. Jagung mudah tumbuh didaerah yang tidak tergenang air dan tanah yang subur. Batang dan daunya seperti batang dan daun tebu. Buahnya menempel pada batang. Jagung adalah tumbuhan monokotil. Umurnya tidak panjang , kalau sudah berbuah dan dipetik buahnya pohon jagung akan mati. Pohonya bisa dijadikan pakan ternak. Ada istilah “ baru seumur jagung” artinya baru beberapa hari saja, belum ada setahun.
jagung, corn, farm corn
   
   Kandungan gizi Jagung per 100 gram adalah sebagai berikut kalori 355 kalori. Lemak 3,9 g, protein 9,2 g, karbohidrat 73,7 g, kalsium 10 mg, fosfor 256 mg, ferrum 2,4 mg, vitamin A 510 SI, vitamin B1 0,38 mg, dan air 12 g dan senyawa-senyawa lain.

Adapun manfaat jagung muda bagi kesehatan adalah sebagai berikut. Air rebusan tongkol jagung bisa mengobati penyakit batu empedu, tekanan darah tinggi, dan batu ginjal serta menambah tenaga. Rasa manis dari rebusan jagung merupakan glukosa alam yang baik untuk menjadikan penambah tenaga. Rambut jagung sendiri bisa dijadikan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi perlu diperhatikan penggunaan rambut jagung yang berlebihan akan membuat tekanan darah anda turun drastis.

0 Response to "manfaat jagung bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar