manfaat umbi ganyong bagi kesehatan tubuh kita

Bagi orang yang tinggal diperkotaan mungkin mereka tidak mengenal umbi ganyong, tetapi bagi mereka yang ada di pedesaan mungkin masih mengenal tanaman ini. Secara ekonomis tanaman ini kurang komersial, oleh karena itu banyak orang tidak mengetahui nilai gizi dan manfaat umbi ganyong. Sewaktu kecil masih banyak orang menanam ganyong di pekaranganya tetapi sekarang ganyong hanyalah sebagai tanaman penyela.

Nama latin umbi ganyong adalah Canna Edulis. Daunya lebar dan berwarna hijau. Daun ganyong muda juga bisa dimasak, tetapi jarang sekali orang yang memasaknya. Umbinya bentuknya seperti jahe tetapi lebih besar dan mengandung tepung. Tepung ganyong warnanya sedikit kecoklatan. Manfaat besar sebenarnya terdapat pada umbi ganyong. Ketersedian umbi ganyong sangat sedikit sehingga untuk dijadikan pangan selain beras belum bisa memenuhi kebutuhan pasar.

umbi ganyong
http://biogen.litbang.deptan.go.id


Apa kandungan gizi umbi ganyong? Ternyata banyak sekali, diantaranya kalsium, fosfor, dan karbohidrat. Kandungan gizi ganyong tiap 100 gram secara lengkap terdiri dari kalori = 95,00 kal; protein = 1,00 g; lemak = 0,11 g; karbohidrat = 22,60 g; kalsium = 21,00 g; fosfor = 70,00 g; zat besi = 1,90 mg; vitamin B1 = 0,10 mg; vitamin C = 10,00 mg; air = 75,00 g; bagian yang dapat dimakan = 65,00% (Sumber : Direktorat Gizi Depkes RI, 1981).

Berikut beberapa manfaat tepung ganyong.

1. Tepung ganyong bagus untuk pembuatan bubur bayi instan. Textur tepung ganyong bagus sekali untuk makanan bayi. Kandungan gizinya juga tidak kalah dengan bahan bubur bayi yang lain. Namun masih jarang atau belum ada industry pangan yang memanfaatkan tepung ganyong untuk pembuatan cereal bayi instan.

2. Tepung ganyong bisa atasi gizi buruk pada balita. Kandugan gizinya bisa mencukupi kebutuhan dasar gizi pada balita.

3. Daun umbi ganyong juga bagus untuk pakan ternak.

4. Tepung umbi ganyong bisa dibuat variasi makanan seperti kue basah ataupun kue kering Dari kandungan gizi yang ada, phosphor dan kalsium adalah unggulan selain karbohidratnya yang tinggi. Phosphor dan Kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang terutama pada balita atau anak-anak.

0 Response to "manfaat umbi ganyong bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar