manfaat buah pete bagi kesehatan tubuh

Siapa yang tidak kenal sayuran ini. Orang lebih mengenal karena baunya di mulut kalau sudah dimakan. Memang baunya tidak sedap dan bau kencing orang yang makan pete juga sangat menyengat atau pesing. Namun siapa sangka pete mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.



Nama latin pete adalah Parkia speciosa. Tumbuhan ini banyak tersebar di daerah tropis, di Indonesia banyak dijumpai di setiap daerah. Biji pete berwarna hijau. Pete atau petai bisa dikonsumsi baik masih mentah ataupun dimasak. Pohon petai tinggi dan bercabang. Bunga petai seperti bonggol menyerupai alat penabuh beduk. Kalau dijawa disebut pendul.
petai
http://epetani.deptan.go.id



Apa saja kandungan nutrisi pada pete? Ternyata petai mempunyai kandugan karbohidrat, protein, phosphor, vitamin V, dan zat besi. Kandungan nutrisi petai beberapa kali lipat dibandingkan apel. Petai juga mengandung kalsium tinggi. Ada juga vitamin C dan B6 pada petai.





Vitamin B6 pada petai berfungsi mangatur kadar gula darah. Kandungan serat pada petai membantu melancarkan pencernaan. Ada sejenis protein namanya tryptophan , protein ini oleh tubuh diubah menjadi serotonin, yang berfungsi memberikan rasa rileks. Kandungan kalium bisa mengurangi tekanan darah. Pete juga dipercaya bisa membuat orang awet muda.

Banyak juga buah yang bau ini manfaatnya. Tentunya ini adalah tantangan bagi para koki untuk memasak petai sehingga pete baunya menjadi enak atau berkurang. Meskipun bau sebagian orang tidak perduli dengan aroma yang tidak sedap itu. Jadi pete tetap menjadi makanan yang disukai dan tetap diburu dipasaran.

0 Response to "manfaat buah pete bagi kesehatan tubuh "

Posting Komentar