lamtoro mlanding atau petai cina


Petai cina atau lamtoro gung adalah tanaman perdu. Tananan ini biasanya ditanam dengan tujuan mencegah penggerusan tanah. Tanaman ini termasuk jenis polong-polongan. Lamtoro atau kemlanding sebenarnya ada dua jenis, yang pertama kita kenal kemlanding jawa( klandingan) bentuknya hampir sama dengan lamtoro namun biji atau buahnya lebih kecil, rasanya kalau dimakan juga hampir sama.





Nama latin lamtoro adalah Leucaena leucocephala. Tanaman ini banyak terdapat di mexico. Pohonya keras dan bias tumbuh tinggi. Daun pohonya seperti daun sengon. Tetapi buahnya seperti rentetan gigi yang dibungkus kulit tipis, bersusun seperti petai tetapi lebih kecil atau lebih tipis.



Kandungan gizi pada biji lamtoro ternyata banyak sekali. Setiap 100 gram mempunyai kalori 148, protein 10.6 gram, karbohidrat 26,2 gram,kalsium 155 mg, protein 10,6 gram, vitamin A,Vitamin BI 0,23 mg. Daun lamtoro sendiri juga mengandung alkaloid, saponin, mimosin, leaukanin, flavonoid, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vit B dan A.


lamtoro gung
wikipedia

Sudah sejak lama lamtoro digunakan sebagai obat, apa kegunaan atau manfaat lamtoro bagi kesehatan? Berikut ulasan secara umum manfaat lamtoro

1. Lamtoro digunakan sebagai cacingan. Dengan mengkonsumsi biji lamtoro baik yang masih muda atau yang sudah tua dengan cara ditumbuk akan menjadi obat cacing yang mujarab.

2. Lamtoro sebagai obat kencing manis dan radang ginjal.

3. Lamtoro bisa mengurangi rasa nyeri haid pada wanita.

4. bagi para lelaki lamtoro bisa meningkatkan gairah sexs.

0 Response to "lamtoro mlanding atau petai cina "

Posting Komentar