manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh kita

Sayuran yang satu ini memang bikin heboh. Baunya sungguh tidak sedap. Namun jangan salah ternyata penggemar fanatiknya juga cukup banyak. Dan lebih gila harga jual jengkol pernah mencapai 90 ribu per kilo, lebih mahal dari pada daging sapi.



Sayuran yang berwarna coklat ini banyak terdapat di negeri kita. Kalau anda suka makan padang, gulai jengkolnya masakan padang tidak kalah enak dengan gulai daging sapi. Lebih hebat lagi kalau di Jawa orang makan jengkol biasanya hanya dimakan mentah. Wuih rasanya getir dan bau, tetapi tetap saja jengkol menjadi primadona bagi sebagian orang.

jengkol
http://sovianchoeruman.wordpress.com


Aromanya memang menyengat, namun manfaat jengkol untuk kesehatan sangatlah banyak. Tetapi tunggu dulu , jengkol juga kadang –kadang beracun. Buat anda yang tidak masalah mengkonsumsi jengkol tidak usah khawatir.


Nama latin jengkol adalah Archidendron pauciflorum atau Archidendron jiringa, Pithecellobium jiringa, dan Pithecellobium lobatum. Tanaman ini masih termasuk keluarga fabaceae. Jengkol banyak terdapat di asia tenggara.


Apa kandungan gizi jengkol? Jengkol memiliki nutrisi sebagai berikut. Jengkol banyak mengandung karbohidrat, protein, Vitamin A, B, C, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak astiri, steroid, glikosida, tannin, dan saponin serta zat besi.


Manfaat jengkol bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi meskipun kalau anda makan jengkol berlebihan bisa menyebabkan penyakit ginjal. Ginjal anda akan bekerja lebih berat. Kandungan protein jengkol cukup tinggi, yaitu kira-kira 20%. Fungsi protein adalah mengganti sel yang rusak. Jengkol juga mengandung zat besi yang bagus untuk mengatasi anemia. Fungsi fosfor pada jengkol adalah sebagai penguat tulang sama dengan kalsium. Sedangkan Vitamin B ( B1,B2) sebagai penjaga kepekaan syaraf dan menyerap protein. Sedang Vitamin C sebagai antioksidan. Fungsi vitamin A anda tentu tahu.



Selain bau yang tidak sedap pada jengkol ada juga manfaat jengkol bagi kesehatan. Perlu diingat bagaimanapun juga sebagian orang tidak suka bau mulut anda ketika anda makan jengkol. Sebaiknya anda makan jengkol ketika hari libur. Kalau anda makan jengkol ketika anda akan bertemu klien, wah hati-hati kalau prospek business anda akan gagal gara-gara bau jengkol dari mulut anda.

0 Response to "manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar