manfaat turi bagi kesehatan tubuh kita

 
Kalau di jawa tengah ada lagu namanya “turi-turi putih”. Kenapa ada lagu itu mungkin karena banyaknya pohon turi pada waktu itu sehingga terciptalah lagu tersebut. Pohon turi umurnya tidak lama. Biasanya hanya berumur kurang lebih satu, dua atau tiga tahun. Pohon turi akan terserang ulat pohon setelah tumbuh besar dan akan mati.

Apa sih yang bisa di ambil dari pohon turi? Kebanyakan orang mengambil bunganya untuk di jadikan masakan. Biasanya bunga turi atau kembang turi dimasak pecel , lalaban atau di tumis. Rasanya enak dan pengolahanya mudah. Ada bunga turi yang berwarna putih dan ada bunga turi yang berwarna ungu atua merah. Kalau saya lebih suka bunga yang berwarna merah atau ungu. Kalau yang putih agak sedikit pahit.

   
bunga turi, turi, kembang turi, turi putih
id.wikipedia

Nama latin pohon turi adalah Sesbania grandiflora. Pohon ini termasuk keluarga polong-polongan. Pohonya tegak ke atas dan kayunya tidak terlalu keras. Dibanding dengan albasia kayu pohon turi lebih lunak dan mudah terkena hama ulat pohon.

Ternyata hampir semua bagian dari pohon turi bisa diambil manfaatnya. Daun muda turi bisa untuk pakan ternak dan serat lapisan pohon bisa dipintal menjadi benang kulit pohon untuk dijadikan benang jaring.

Kalau bunganya sendiri banyak mengandung vitamin B. daun turi juga dipercaya sebagai obat antiperik atau penurun panas. Tumbukan daun bisa dijadikan obat luar. Orang karimunjawa menggunakan daun turi sebagai pewarna alam. Sedang kayunya lebih banyak sebagai kayu bakar.


Berikut adalah kandungan gizi kembang turi. Di dalam kembang turi terdapat Karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, natrium , kalium, lemak, vitamin B1,B2,B6 dan beta karoten. Kembang turi bisa dijadikan pelmbut kulit dan obat pencahar. Kalau belum pernah mencoba makan kembang turi mungkin tidak bisa membayangkan rasanya. Tetapi kalau anda pernah makan tumis atau pecel kembang turi pastilah anda menjadi kangen dengan makanan dari bunga ini. Sayangya kembang turi susah kita jumpai di pasar sayuran, anda akan mendapatkan kembang turi dari tanamanya langsung. Sekarang pertanyaanya dimana yah masih banyak pohon turi?

0 Response to "manfaat turi bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar