manfaat tomat bagi kesehatan tubuh kita

Sibulat merah yang sedikit asem ini ternyata banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Tomat sendiri jenisnya bermacam-macam ada yang bulat ada juga yang lonjong. Tomat hijau juga enak untuk campuran masakan.
  

tomat, tomato
 

Makan bakso atau mie ayam tanpa saos tomat rasanya kurang greng. Saos tomat membuat makanan menjadi lebih gurih. Tomat biasanya digunakan pelengkap masakan baik dalam bentuk saos atupun tomat itu sendiri. Enak juga kalau di jus.

Tomat sendiri berasal dari keluarga terong-terongan, nama latin tomat adalah Solanum lycopersicum Pohon tomat mempunyai bulu-bulu halus pada batang dan daunya. Tumbuhnya hanya beberapa bulan saja. Setelah dipanen beberapa kali pohon tomat menjadi tidak produktif dan biasanya akan langsung di cabut atau di pankas diganti dengan tanaman tomat yang baru.

Ada tomat sayur dan ada tomat buah. Tomat buah biasanya rasanya lebih manis sedang tomat sayur sedikit asam. Dalam bahasa inggris tomat disebut Tomato, orang cina menyebut fan qie. Secara umum semua jenis tomat memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh kita.

Apa saja nutrisi yang terkandung di dalam tomat? Ada antioksidan, asam askorbat, dan potasium. Tomat juga mengandung fruktosa atau glukosa. Di dalam tomat mengandung likopen. Likopen adalah antioksidan paling baik yang bisa mencegah berbagai jenis kanker. Ada juga fenol yang melawan radikal bebas.

Zat likopen sangat bagus karena tahan terhadap panas jadi meskipun dimasak tidak hilang dan tidak larut dalam air. Jika disimpan dalam jangka waktu tertentu zat ini akan semakin baik. Zat ini bermanfaat sekali sebagai anti penuaan kulit, zat pencegah penyakit kardiovaskuler, kencing manis, infertilitas, dan osteoporosis. Manfaat fenol sendiri adalah zat yang melindungi dari sinar ultraviolet, anti inflamasi, anti alergi dan mencegah penyakit neurodegenerative contohnya alzhemeir dan Parkinson. Dari mana bisa didapat semua zat tersebut? Hampir semua zat antioksidan pada tomat terdapat pada bawah kulit tomat. Oleh karena itu jika anda memasak tomat jangan dibuang tuh kulit, kalu mau di jus cukup cuci bersihkan saja beberapa buah tomat dan langsung di blender.

0 Response to "manfaat tomat bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar