manfaat kersen bagi kesehatan tubuh kita

Kersen atau ceri hutan adalah pohon yang sering kita jumpai di pinggir jalan atau di depan rumah. Pohon ini biasanya sebagai pohon peneduh. Pohon ini banyak ditanam di depan perumahan karena akarnya yang tidak merusak beton dengan tujuan sebagai pohon penyejuk.

Nama latin kersen adalah Mutingia calabura. Anak – anak kecil suka naik pohon ini dan memetik buahnya yang merah. Biarkan saja mereka makan buah kersen asalkan mereka hati-hati memanjatnya. Dalam bahasa inggris buah ini di sebut Singapore berry.    


Pemanfaatan buah kersen masih tergolong rendah. Kita masih sulit menjumpai produk olahan buah kersen baik di pasar tradisional maupun supermarket. Apakah buah ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi? Sayangnya para pelaku ekonomi atau petani belum ada yang mencoba mengolah buah ini menjadi produk yang punya nilai ekonomi yang tinggi.

Meskipun secara ekonomi buah ini mungkin kurang mempunyai nilai atau manfaat, buah ini ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Buah ini juga sangat bagus dijadikan bahan atau campuran herbal.
 
kersen, singapore berry

Apa saja sih kandungan nutirisi dari buah kecil yang berwarna merah ini? Dari 100 gram yang biasa disebut kersen atau ceri hutan ini terdapat Air 77,8 gram, Protein 0,384 g, Lemak 1,56 g, Karbohidrat 17,9 g, Serat 4,6 g, Abu 1,14 g, , Karoten 0,019 g, Tianin 0,065 g, Ribofalin 0,037g, Kalsium 124,6 mg, Fosfor 84 mg, Besi 1,18 mg Niacin 0,554 g serta vitamin C 80,5 mg. kandungan vitamin C nya katanya lebih tinggi dari pada buah mangga.

Apa manfaat kersen untu kesehatan tubuh kita. Kersen bisa berfungsi sebagai anti septik dan penurun panas. Secara traditional dengan mengkonsumsi 9 butir sehari 3 kali dapat mengurangi rasa nyeri karena asam urat. Berikut bakteri yang bisa di bunuh dengan herbal kersen yang telah diteliti di Malaysia, diantaranya , S Epidemidis dan K Rizhophil, C.Diptheriea, S. Aureus, dan P Vulgaris.

Produk olahan yang mungkin dikembangkan adalah syrup kersen. Cara pengolahanya tentu perlu percobaan dengan mencari referensi bagaimana mengolah kersen menjadi syrup. Anti bakteri yang ada pada buah kersen membuat syrup olahan kersen tidak memerlukan bahan kimia pengawet. Anda tertantang untuk membuat syrup kersen silahkan coba siapa tahu anda menjadi pioneer sehingga anda bisa meraup keuntungan dari tanaman penyejuk ini.

0 Response to "manfaat kersen bagi kesehatan tubuh kita "

Posting Komentar